Mac

Begini Cara Cek Macbook Dari Malware dan Virus yang Harus DiKetahui

Meskipun secara teknis di macOS ada perlindungan runtime yang canggih untuk memastikan sistem aman dan terjaga dengan baik, tetapi kamu harus selalu memperhatikan tanda-tanda tertentu yang telah disusupi malware.

Kamu dapat secara manual memeriksa MacBook adanya malware dengan menjalankan beberapa tes manual. Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Bagaimana cara cek MacBook dari malware?

macOS sudah memiliki solusi antivirus canggih yang terpasang untuk memblokir dan menghapus malware. Ini disebut XProtect, dan teknologi antivirus untuk deteksi malware berbasis tanda tangan.

Apple memperbaruinya secara rutin untuk memantau infeksi dan strain malware baru. Selain itu, ini tidak tergantung pada pembaruan sistem. Namun, jika merasa lebih peduli tentang keamanan dan privasi daripada biasanya, jalankan tes ini secara manual untuk memeriksa MacBook apakah ada infeksi malware.

Simak informasi detailnya di bawah ini.

Cara memeriksa perangkat lunak berbahaya di Mac

Menemukan tanda-tanda virus di MacBook bukanlah hal yang menyenangkan, terutama ketika itu mulai mengganggu kinerja perangkat.

Periksa Monitor Aktivitas untuk malware Mac secara menyeluruh

Klik Spotlight Search (ikon kaca pembesar) di sudut kanan atas layar Desktop, lalu ketik Aplikasi dan pilih folder Applications di bawahnya.
CPU Monitor Aktivitas
Selanjutnya, gulir ke bawah untuk menemukan Utilities > Activity Monitor. Silahkan klik untuk membukanya.
img 62d87c747d12a
Beralih ke CPU tab dari Activity Monitor, jika kamu belum melakukannya. Klik kolom % CPU untuk mengurutkan tinggi ke rendah, dan cari proses apa pun dengan penggunaan CPU tinggi.

Jika ada yang tampak mencurigakan, lakukan penelusuran di web untuk mengonfirmasi apakah itu malware atau bukan. Hentikan dengan memilihnya dan mengklik ikon stop di atas entri waktu CPU.

Hapus semua ekstensi browser terkait virus

Hampir setengah dari pengguna desktop Chrome secara aktif menggunakan ekstensi untuk menyesuaikan Chrome dan pengalaman mereka di web. Jadi, kemungkinan memasang ekstensi yang tidak dapat dipercaya juga sangat beresiko. Ekstensi apa pun yang kamu pilih untuk dipasang harus aman, menjaga privasi, dan berkinerja. Jadi, jika menemukan entri ekstensi yang mencurigakan atau tidak dikenal di browser, segera hapus.

Jika kamu telah menyetel Chrome sebagai browser default, luncurkan browser. Klik ikon Ekstensi di sebelah bilah alamat URL dan cari ekstensi tidak dikenal yang terpasang.
Hapus dari Chrome
Saat ditemukan, klik tombol More Actions (terlihat sebagai 3 titik vertikal) dan pilih Remove from Chrome untuk menghapus ekstensi sepenuhnya.

Periksa item login yang tidak kamu pilih

Beberapa varian malware dirancang untuk dimuat secara otomatis saat menyalakan MacBook, sehingga kamu dapat menemukannya di bawah daftar item Login macOS. Untuk menemukan dan menghapusnya, lakukan hal berikut.

Klik ikon Apple dan pilih System Preferences. Selanjutnya, pilih ikon Users & Groups dan beralih ke tab Login Items.
Periksa MacBook untuk Malware
Centang kotak di sebelah item login yang mencurigakan dan tekan tanda minus di bagian bawah untuk menghapusnya.

Bisakah MacBook terkena virus?

Salah satu cara umum penyebaran virus atau malware adalah dengan menyematkannya di aplikasi yang tampak tidak berbahaya. Jadi, meskipun MacBook kurang rentan daripada komputer Windows, mereka masih dapat terinfeksi dengan menginstal aplikasi yang tampak tidak berbahaya tersebut.

Jadi, meskipun macOS mendukung banyak fitur canggih yang membantu melindungi MacBook dan informasi pribadi kamu dari perangkat lunak berbahaya, atau virus, kamu dapat mengurangi risiko infeksi dengan menggunakan perangkat lunak hanya dari sumber tepercaya.

Pengaturan di Security & Privacy di MacOS memungkinkan kamu menentukan sumber perangkat lunak yang diinstal di MacBook. Lalu Pergi ke menu Apple > System Preferences, klik Security & Privacy, lalu klik General. Jika kamu melihat kunci di kiri bawah terkunci, klik untuk membuka kunci panel Preference.

Selanjutnya, pilih sumber dari mana kamu akan mengizinkan perangkat lunak untuk diinstal:

  • App Store : Ini adalah pengaturan paling aman dan hanya mengizinkan aplikasi dari Mac App Store.
  • App Store dan pengembang yang teridentifikasi : Mengizinkan app dari Mac App Store dan app dari pengembang yang teridentifikasi yang terdaftar di Apple dan secara opsional dapat mengunggah app mereka ke Apple untuk pemeriksaan keamanan.

Begitulah cara memeriksa MacBook dari infeksi malware atau virus dalam bentuk apa pun.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.