WindowsMac

Cara Merekam Live Streaming di Windows dan MacOS

Kita tidak dapat memberhentikan video saat sedang melakukan live streaming dan meminta seseorang untuk merekamnya. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu dan tidak memungkinkan untuk dapat terhubung dengan konten lainnya.

Daripada meminta informasi kepada orang-orang di sekitar, kita dapat membuat catatan dan merekam live streaming nanti. Ingin tahu software mana yang terbaik untuk merekam video streaming?

Ada banyak software yang bisa kita gunakan untuk merekam video live streaming tetapi Movavi Screen Recorder adalah salah satu software yang bagus untuk merekam semua aktivitas kamu saat siaran langsung.

Cara Merekam Live Streaming Dengan Perekam layar

Merekam Live Streaming
Dengan menggunakan Movavi Screen Recorder, kamu dapat menggunakannya untuk merekam podcast, radio online, layar dan live streaming. Semua live streaming direkam pada kecepatan 60 fps. Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik di perangkat Windows dan Mac.

1.Download perangkat lunak

Pertama download versi yang tepat dari perangkat lunak perekam layar tergantung pada sistem operasi komputer Windows dan MacOS. Setelah itu instal di perangkat PC kamu dan ikuti instruksi dengan benar dan login dengan akun yang sudah terdaftar.

2.Lakukan penyesuaian

Jalankan fitur perekaman layar perangkat lunak dan buka situs web tempat live streaming misalkan Youtube. Tentukan ukuran layar atau bagian yang ingin rekam.

Kamu dapat memilih Layar Penuh, memasukkan pengukuran secara manual, atau memilih dari ukuran bawaan yang sudah disediakan.

Sebagian besar perekam layar secara default menonaktifkan perekam suara, jadi pastikan untuk mengaktifkannya sebelum memulai membuat video live streaming. Atau coba tes terlebih dahulu untuk memeriksa apakah semua pengaturan sudah benar.

3.Mulai Live Streaming

Langkah selanjutnya adalah merekam video. Kamu tidak perlu melakukan apa pun selain menekan tombol REC. Jika berencana untuk keluar selama live streaming, kamu dapat menggunakan pengatur waktu pengambilan.

Untuk mengatur waktu, pilih opsi Jam Alarm dan ubah pengaturan waktu. Kamu harus menentukan waktu yang tepat dan berapa lama ingin merekam. Kami menyarankan untuk menyetel waktu beberapa menit sebelum live saat perekaman dimulai setelah hitungan mundur 3 detik.

4.Simpan rekaman

Setelah selesai merekam, tekan STOP dan perangkat lunak akan secara otomatis menyimpan video dalam format MKV di hard drive. Pratinjau rekaman live streaming akan muncul di layar. Kamu dapat menutupnya atau klik Simpan Sebagai untuk menyimpannya dalam format lain.

Opsi yang dapat pilih termasuk AVI, MOV, MP4, GIF, dan MKV. Selain itu juga dapat memotong video dan menambahkan efek animasi sesuai selera.

Kesalahan yang harus dihindari saat merekam siaran langsung

Jika kamu sebelumnya telah merekam video live streaming, mungkin akan melihat layar terkadang patah-patah atau audio tidak sesuai dengan video. Tidak ada yang salah dengan perangkat lunak tetapi dengan komputer kamu yang spesifikasinya kuran gmendukung.

Berikut adalah lima kesalahan yang harus hindari saat merekam live streaming:

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di Background

Jika memiliki terlalu banyak tab yang terbuka di browser atau terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background, browser live streaming akan lag dan akan mendapatkan kualitas video yang kurang baik.

Nonaktifkan notifikasi

Sangat menjengkelkan jika beberapa notifikasi muncul di layar saat merekam live streaming. Saat mendapatkan notifikasi, itu akan menyebabkan suara video akan terdengar bising, sehingga dapat menggangu proses perekamannya.

Sebaiknya nonaktifkan semua notifikasi, agar tidak menggangu saat proses merekam.

Mulai perekam layar saat live streaming

Semua perekam layar membutuhkan waktu setidaknya tiga hingga lima detik untuk memulai karena tidak dapat merekam bagian awal video. Mulai merekam setidaknya satu menit sebelumnya, sehingga mendapatkan semuanya.

Rekam seluruh layar

Merekam seluruh layar mungkin sedikit mengaburkan video, jadi ambil hanya bagian layar yang inginkan. Simpan pada kecepatan 60 frame per detik untuk kualitas terbaik dan dalam format MP3 karena berfungsi di semua perangkat.

Lupa menyalakan perekam audio

Perekam layar menonaktifkan fungsi perekaman audio secara default. Jika lupa menyalakannya, seluruh rekaman live streaming tidak ada artinya. Itu selalu baik untuk memeriksa semua fitur sebelum mulai merekam dan menjalankan beberapa tes.

Simpan juga video yang diambil di PC dan cloud, jadi jika menghapusnya masih tersimpan cadangan yang mungkin akan kamu butuhkan suatu saat nanti.

Demikianlah Cara Merekam Live Streaming di Windows dan MacOS beserta tips agar proses perekaman maksimal. Nah, bagi pengguna yang mengetahui cara merekam layar di Android atau iPhone maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.