Mac

7 Cara Mengatasi Scratch Disk Full Photoshop di Mac

Jika scratch disk di Photoshop penuh, kamu harus menghapus item yang menggunakan ruang disk berlebih, seperti cache Photoshop dan file sementara. juga dapat meningkatkan penyimpanan RAM atau meningkatkan ke hard disk yang lebih besar untuk menciptakan lebih banyak ruang untuk drive asli.

Scratch disk adalah memori sementara yang digunakan oleh program seperti Photoshop untuk menyimpan dan mengakses file proyek saat program sedang berjalan. Jika ini penuh akan menyebabkan Photoshop tidak bekerja dengan benar, dan dapat menyebabkan masalah lain pada Mac milikmu.

Apa itu Scratch disk?

Scratch disk adalah memori sementara yang digunakan hard disk untuk menyimpan file untuk program seperti Photoshop. Saat program ini dijalankan, mereka perlu mengakses memori, atau ruang awal. Dengan menyimpan file dan cadangan sementara, scratch disk membantu program dengan cepat mengakses file yang mereka butuhkan.

Photoshop bekerja lebih cepat menggunakan scratch disk daripada jika diperlukan untuk mengakses RAM untuk ruang awal. Scratch disk juga berguna jika Photoshop atau sistem operasi pernah crash, karena menyimpan draft lama proyek.

Apa Penyebab “scratch disk full” di Photoshop?

Kesalahan scratch disk full biasanya terjadi karena penumpukan file sementara dan cache di Photoshop, yang mencegah program bekerja dengan benar. Biasanya penuh ketika ruang hard disk yang dialokasikan untuk scratch disk habis.

Saat membuka Photoshop, kamu mungkin mendapatkan pemberitahuan, “tidak dapat menginisialisasi Photoshop karena scratch disk penuh.” Alasannya biasanya file sementara dari proyek lama.

Photoshop secara otomatis menyimpan file-file ini saat kamu bekerja, tetapi setelah kamu selesai dengan sebuah proyek, file-file ini tidak lagi diperlukan.

Alasan lain untuk kesalahan “scratch disk full” adalah kurangnya ruang hard disk. Disk awal tergantung pada ruang disk, dan jika rendah, mungkin mendapatkan kesalahan disk awal.

Sebaiknya selalu periksa penyimpanan Mac kamu secara teratur untuk memastikannya memiliki cukup ruang untuk scratch disk.

Cara Mengatasi Scratch Disk Full Photoshop

Ada beberapa solusi untuk membersihkan scratch disk Photoshop secara manual. Coba salah satu atau semua opsi berikut untuk menghapus file yang tidak perlu dan singkirkan pesan kesalahan “scratch disks full” sekali dan untuk selamanya.

Sebelum mulai menghapus file dari Mac, pertimbangkan untuk mencadangkan hard disk untuk menghindari kehilangan file penting secara permanen.

1. Hapus cache Photoshop

menghapus cache Photoshop

Cache Photoshop menyimpan draf proyek lama dan membantu memuat gambar beresolusi tinggi lebih cepat. Meskipun Photoshop secara otomatis menghapus cache saat keluar dari program, beberapa file dapat hilang. Dan jika pernah memaksa berhenti, cache tidak akan dihapus.

Berikut cara menghapus cache Photoshop:

  1. Di Photoshop, buka Edit dan klik Purge.
  2. Pilih All untuk menghapus semua cache, atau pilih cache individual untuk dihapus seperti Clipboard, Histories, Video Cache.

Membersihkan cache adalah cara termudah untuk mengosongkan ruang pada scratch disk Photoshop.

2. Hapus file Photoshop yang tersembunyi

Terkadang perlu menggali ke dalam Mac untuk menemukan file Photoshop. Meskipun lebih sulit ditemukan, menghapus file Photoshop yang tersembunyi ini akan menciptakan ruang ekstra pada scratch disk.

Berikut cara menghapus file Photoshop yang tersembunyi:

  1. Membuka Finder aplikasi.
  2. Temukan folder Photoshop, lalu tekan Command+ Shift+ Period.
  3. File tersembunyi akan muncul sebagai folder berwarna abu-abu. Klik dan seret ke Mac Trash, lalu bersihkan Trash.
  4. Tekan Command+ Shift+ Period lagi untuk menghapus file tersembunyi dari folder Photoshop.

Periksa penyimpanan Mac Lainnya untuk file cache tersembunyi, file temp, dan bloatware lainnya.

3. Hapus File Temp Photoshop

Photoshop membuat file sementara (temp) sebagai cadangan untuk proyek. Meskipun penyelamat jika komputer pernah mogok, file temp tetap ada lama setelah proyek berakhir dan menghabiskan ruang scratch disk yang berharga.

Berikut cara menghapus file temp Photoshop:

  1. Simpan proyek untuk menghindari menghapus sesuatu yang penting.
  2. Keluar dari semua program Adobe.
  3. Di Aplikasi Mac Finder, cari /tmp, dan buka folder temp.
  4. Cari folder bernama Photoshop Temp diikuti dengan serangkaian angka. Buka folder dan hapus semua file yang berakhiran .tmp.
  5. Terakhir, bersihkan Mac Trash.

File sementara dapat dengan mudah terakumulasi, jadi hapus secara teratur dan ini juga akan mengosongkan ruang disk dan meningkatkan kinerja Mac.

4. Meningkatkan RAM Untuk Photoshop

Meningkatkan RAM Untuk Photoshop

Seperti semua aplikasi dan program, Photoshop menggunakan RAM untuk melakukan tugas. dapat membiarkan Photoshop menggunakan lebih banyak RAM, yang akan membantu menyimpan lebih banyak file temp di bagian RAM dari scratch disk.

Berikut cara menambahkan fleksibilitas RAM di Photoshop:

  1. Buka menu Photoshop, klik Preferences, dan pilih Performance.
  2. Di bawah Penggunaan Memori, temukan Let Photoshop Use kotak dan pilih fleksibilitas RAM untuk Photoshop.

Untuk melihat berapa banyak RAM yang sebenarnya digunakan oleh proyek Photoshop, periksa status memori RAM secara teratur, dan pertimbangkan untuk memutakhirkan jika perlu. Selain itu juga dapat mencoba mengatur ulang PRAM dan SMC di Mac untuk membantu menyelesaikan masalah kinerja lainnya.

5. Kosongkan Ruang Penyimpanan Mac

Kesalahan scratch disk Photoshop disebabkan oleh kurangnya ruang penyimpanan. Jadi, untuk menghindari kesalahan ini, beri sedikit ruang.

Sama seperti file temp di Photoshop, Mac sendiri menyimpan file yang tidak perlu. Dan dapat menghapus cache Mac untuk menyingkirkan file-file sementara tersebut. Membuat lebih banyak ruang disk juga dapat membantu mempercepat Mac berkeja, dan membantu program termasuk Photoshop berjalan lebih efisien.

Jika kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup, kamu juga dapat mendefrag hard disk Mac kamu untuk meningkatkan kinerja. Atau, cara lain untuk membersihkan perangkat Mac dan memberi ruang jika penyimpanan penuh dengan menghapus semua file atau program besar. Gunakan app Finder untuk mengurutkan file menurut ukuran, lalu hapus file yang tidak diperlukan.

Apa pun opsi yang kamu pilih, mengosongkan ruang disk Mac secara manual bisa jadi membosankan. Alih-alih memilah-milah folder tanpa akhir, gunakan aplikasi pembersih untuk melakukannya. Aplikasi pembersih khusus biasanya akan menemukan dan menghapus file temporer, file cache, foto duplikat, dan banyak lagi untuk mengosongkan ruang sehingga Mac dapat bekerja sebaik mungkin.

6. Ubah lokasi Scratch disk

Ubah lokasi Scratch disk

Jika kamu memiliki beberapa drive di Mac, kamu dapat mengubah lokasi scratch disk Photoshop ke drive yang lebih besar. Lebih banyak ruang disk dapat membantu menyelesaikan kesalahan scratch disk dan memastikan kinerja yang lebih baik tanpa mengorbankan file.

Berikut cara mengubah scratch disk di Photoshop:

  1. Buka menu Photoshop, klik Preferences, dan pilih Scratch Disks.
  2. Kemudian pilih scratch disk yang berbeda.

Jika kesalahan “scratch disk full” mencegah membuka Photoshop, kamu masih dapat mengubah lokasi scratch disk dengan menahan tombol Command+ Option saat Photoshop dibuka.

7. Upgrade Kapasitas Hard Disk

Ketika semuanya gagal, mungkin sudah waktunya untuk memutakhirkan Mac. Program seperti Photoshop membutuhkan banyak ruang disk untuk bekerja dengan baik. Plus, persyaratan ruang untuk komputasi umum meningkat seiring waktu.

Untuk memastikan Mac tahan lama, tingkatkan ke solid state drive (SSD) yang lebih besar. Jika kita bandingkan HDD tradisional ke SSD, pasti SSD lebih cepat dan lebih andal terutama untuk program pengeditan multimedia seperti Photoshop.

Jika mendapatkan kesalahan scratch disk Photoshop, kamu mungkin mulai menerima pesan kesalahan serupa dari program lain. Upgrade Mac dengan SSD dapat membantu mengatasi masalah ini dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan tanpa harus membeli ke perangkat yang sama sekali baru.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.