Android

Cara Aktifkan Opsi Pengembang & USB Debugging Android 12

Beberapa smartphone sudah dibekali dengan OS Android 12 dan ini tentu saja, merupakan suatu hal yang mengembirakan. Bagi sebagaian pengguna menyukai hal-hal baru dan demikian juga tentang Android 12.

Di Android 12 akan mengubah semuanya dari desain Material You yanglebih baru hingga elemen visual, keamanan, dan kinerja. Meskipun secara resmi belum dirilis ke publik tapi saat ini beberapa vendor telah membekali ponsel terbaru mereka dengan operasi sistem terbaru ini

Bagi seorang pengembang biasanya kurang menyukai dengan adanya operasis sistem terbaru ini pasalnya mereka harus mengecek kembali kompabiitas aplikasinya dan jika terjadi error mesti bekerja keras lagi agar dapat berjalan di Android 12.

Salah satu keahlian dasar pengembang Android adalah bisa membaca bug. Pengembang dapat menggunakan Developer Options dan debugging USB di Hp Android 12 untuk menjalankan berbagai tugas.

Berikut panduan tentang cara mengaktifkan Opsi pengembang dan USB Debugging di Android 12.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang

Opsi Pengembang Android 12
Mengaktifkan USB Debugging pada perangkat Android memang memberikan beberapa manfaat seperti flashing firmware, menginstal aplikasi melalui perintah ADB, dan bahkan menghapus aplikasi bawaan.

Begini cara selengkapnya mengaktifkan USB debugging di perangkat Android 12 Anda sederhana dan mudah.

  1. Buka aplikasi Pengaturan lalu tap System.
  2. Setelah itu pilih opsi Tentang Ponsel.
  3. Selanjutnya pada bagian Build Number ketuk tujuh kali berturut-turut.
  4. Nanti akan menerima pemberitahuan Anda sekarang adalah pengembang.
  5. Anda sekarang sudah bisa mengakses Opsi Pengembang.

Catatan: Mengaktifkan opsi pengembang mungkin akan sedikit berbeda-beda tergantung perangkat yang kamu gunakan. Sebagian besar perangkat Android menggunakan metode Build number atau Nomor Bentukan. Jika Anda tidak dapat menemukannya di pengaturan, silahkan mencarinya di pengaturan.

Mengaktifkan USB Debugging

  • Silahkan kembali ke halaman Sistem dan pilih Opsi Pengembang.
  • Pada halaman opsi pengembang, gulir sedikit ke bawah sampai menemukan debugging.
  • Silahkan aktifkan sakelar USB Debugging.
  • Anda sekarang telah mengaktifkan USB Debugging di perangkat Android 12.

Setelah mengaktifkan opsi USB Debugging di Android 12, itu berarti sudah dapat mem-flash ROM ke perangkat Anda, menginstal dan menghapus aplikasi melalui Perintah ADB saat terhubung ke komputer, dan bahkan mencabut otorisasi USB Debugging.

Kesimpulan

Setelah mengaktifkan USB Debugging, kami memperingatkan Anda tentang tujuan pengembangan dan bahwa Anda tidak akan memiliki peringatan pemberitahuan tentang aplikasi yang sedang diinstal melalui metode ini.

Jika tidak ingin mengambil risiko apa pun saat perangkat terhubung ke komputer yang tidak dikenal melalui USB, Anda dapat menonaktifkan fitur ini agar perangkat tetap aman.

Demikianlah panduan tentang cara mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging di Android 12 terbaru. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.