iOS

Cara Menonaktifkan Double Tap Screenshot di iPhone

iOS 14 mengemas beberapa fitur baru dan yang paling menarik adalah kemampuan untuk mengambil screenshot dengan mengetuk bagian belakang iPhone. Fitur canggih tersebut bernama Back Tap.

Back Tap adalah fitur aksesibilitas yang memungkinkan kita melakukan sejumlah tindakan cepat. Pengguna dapat memulai back tap ini menggunakan gerakan ketuk dua kali atau ketuk tiga kali.

Dengan pintasan back tap, seseorang dapat dengan cepat mengambil screenshot, mengunci layar, membuka Pusat Kontrol, memunculkan Siri, dan banyak lagi.

Banyak pengguna merasa nyaman saat mengambil screenshot dengan ketukan dua kali. Karena itu, kamu mungkin akan mengambil banyak screenshot tanpa disengaja jika kamu tidak berhati-hati saat menggunakan iPhone.

Dalam kasus seperti itu, kamu mungkin ingin mematikan ketuk dua kali untuk opsi screenshot. Berikut cara mematikan double tap screenshot di iPhone.

Cara Menonaktifkan Double Tap screenshot di iOS 14

Nonaktif Double Tap Screenshot iPhone
Bagi pengguna yang penasaran mengenai cara menonaktifkan double tap screenshot di iPhone iOS 14, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

  1. Buka Setting > Accessibility.
  2. Di bawah Physical and Motor, ketuk opsi Touch.
  3. Gulir ke bawah dan pilih Back Tap.
  4. Ketuk Double Tap dan pilih None.

Secara opsional, kamu dapat memilih tindakan yang berbeda daripada screenshot. Jika kamu menggunakan Triple Tap untuk screenshot, pilih None juga.

Sekarang screenshot tidak akan diambil saat kamu mengetuk dua kali bagian belakang iPhone Anda.

Matikan Double Tap To Wake di iPhone

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan kamu membangunkan iPhone dengan mengetuk layar. Fitur Tap to Wake terdapat di iPhone dengan dukungan Face ID seperti iPhone 12, 11, XS, XR, dan iPhone X.

Dengan Tap to Wake, kamu cukup membangunkan iPhone dari mode standby dengan satu atau dua kali ketuk tanpa menekan tombol Samping.

Meskipun meskipun fitur ini sangat berguna, tapi dapat menyebabkan sentuhan yang tidak disengaja pada layar. Ini biasanya terjadi saat berada di saku celana atau memegangnya. Membangunkan layar saat tidak digunakan beberapa kali dalam sehari dapat menyebabkan baterai cepat habis.

Untuk mencegah ketukan tidak disengaja, lebih baik matikan fitur Double Tap To Wake di iPhone. Caranya, cukup buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh. Kemudian matikan tombol sakelar di sebelah Tap To Wake.

Selain itu, memungkinkan mematikan fitur Raise to Wake dengan masuk ke Settings > Display & Brightness. Kemudian matikan sakelar untuk Raise to Wake.

Sekarang layar ponsel tidak akan menyala secara otomatis saat kamu mengangkat iPhone dari permukaan yang datar.

Demikianlah cara menonaktifkan double tap screenshot iPhone berbasis iOS 14. Semoga panduan ini bermanfaat buat para pengguna perangkat Apple. Lihat juga informasi menarik lainnya tentang cara menonaktifkan dan mengaktifkan mode jangan ganggun di iOS 15.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.