Android

Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 9 Tanpa Tombol Fisik

Smartphone Xiaomi yang dirilis pertengahan tahun 2020 ini dibekali dengan OS MIUI 12 berbasis Android 10. Dengan tersematnya OS terbaru, memudahkan kita melakukan screenshot. Pasalnya sudah dilengkapi 4 fitur screenshot bawaan dengan menggunakan gesture, kombinasi tombol, pusat kontrol dan tangkapan layar panjang.

HP Redmi Note 9 ini ditenagai oleh prosesor Helio G85 yang cukup buat menangani game Android ringan dan berat. HP RAM 3 GB satu ini juga dibekali dengan modul Quad rear camera yang kualitasnya bisa dibilang cukup baik di kelasnya walaupun tentunya tidak sempurna.

Selain handal dengan berbagai kemampuan, Redmi Note 9 menjadi salah satu ponsel yang banyak digunakan. Tidak hanya soal kamera dan performa saja, Xiaomi juga telah melengkapinya dengan beberapa metode screenshot yang gampang digunakan.

Cara Screenshot Redmi Note 9 Tanpa Tombol

Kita terbiasa mengambil screenshot dengan menekan tombol, cara ini sudah mulai ditinggalkan selain terlihat jadul, terlalu sering menggunakan tombol beresiko merusak tombol fisik.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Xiaomi membekali ponsel ini dengan metode screenshot tanpa tombol yang terdapat pada fitur gestur tiga jari atau control center.

Gesek Tiga Jari

Fitur Swipe di Hp Redmi Note 9 memudahkan kamu untuk membuat cuplikan layar hanya dengan mengusap 3 jari kamu.

Buka Setelan ponsel Redmi Note 9 lalu ketuk Setelan Tambahan. Berikutnya tap opsi Pintasan Tombol dan Gerakan.

Pada opsi tersebut pilih Ambil Screenshot lalu kamu aktifkan Geser ke bawah dengan 3 jari.

SS tiga jari Redmi Note 9

Siapkan bagian pada layar yang kamu ingin capture kemudian gesek layar menggunakan 3 jari dari atas ke bawah. Kamu bisa tap gambar pratinjau untuk langsung mengedit hasil screenshot tersebut.

Pusat Kontrol

Fitur screenshot pada Redmi Note 9 dapat kamu temukan di Pusat Kontrol. Untuk menggunakan metode ini, swipe ke bawah pada status bar di bagian atas layar lalu tap menu Screenshot atau Tangkapan Layar.

Tentukan area yang ingin di foto lalu buka menu Pusat Kontrol dengan cara tarik layar dari atas ke bawah. Lalu tap shortcut Screenshot.

Screenshot Lewat Pusat Control Redmi Note 9

Setelahnya akan nampak pratinjau hasil screenshot dan di bagian bawah berisi opsi Gulir untuk mengambil ss panjang dan opsi Share untuk dibagikan ke sosial media.

Cara Screenshot Panjang Redmi Note 9

Update terbaru MIUI mempermudah pengguna Redmi Note 9 mengambil tangkapan layar atau screenshot full satu halaman yang dapat dibagikan ke teman atau simpan di galeri.

Bagaimana cara mengambil screenshot panjang pada Redmi Note 9? Berikut ini caranya.

  1. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu membuka Xiaomi. Lalu arahkan layar ke tampilan yang ingin di screenshot panjang.
  2. Tap ikon screenshot yang ada di Quick Settings untuk mengambil screenshot biasa.
  3. Setelah itu akan muncul preview gambar di sudut kanan atas. Lalu segera ketuk Gulir atau Scroll.
    Screenshot panjang Redmi Note 9
  4. Proses membuat screenshot langsung bekerja. Terakhir, tap tombol Selesai jika semua area telah berhasil di buat screenshot panjang.

Cara Screenshot Redmi Note 9 Dengan Tombol Fisik

Jika kamu memang merasa cara ss di atas kurang praktis dan ingin menggunakan tombol untuk mengambil tangkapan layar dapat mengikuti panduan berikut.

Langkah 1 : Hidupkan ponsel Redmi Note 9 kamu lalu cari halaman yang akan di screenshot.

Langkah 2 : Tekan tombol fisik Daya dan Volume Bawah secara bersama-sama.
SS Redmi Note 9 dengan Tombol

Langkah 3 : Jika layar berkedip dan mendengar suara kamera, artinya screenshot berhasil.

Langkah 4 : Hasil screenshot dapat diakses lewat aplikasi File Manager atau Galeri MIUI.

Nah, itu dia tiga cara membuat tangkapan layar Redmi Note 9 yang paling mudah dan cepat. Saya harap tutorial ini berguna buat semua pemilik Xiaomi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.