Android

Cara Screenshot Samsung Galaxy A52 dan A52 5G Tanpa Aplikasi

Samsung Galaxy A52 hadir dengan layar dengan sensor sidik jari yang disematkan di dalamnya, kamera yang lebih lengkap dan resolusi yang lebih tinggi, hingga mendukung teknologi jaringan 4G dan 5G.

Meski begitu, banyak hal dari Samsung A52 yang masih diadopsi oleh Galaxy A32. Salah satunya, perangkat ini masih mengadaptasi fitur screenshot yang terkadang sangat dibutuhkan pengguna.

Buat kamu yang belum tahu, sama seperti pendahulunya, ada beberapa cara yang umumnya bisa digunakan di perangkat Samsung A52 seperti long screenshot, screenshot shortcut, dan palm swipe. Untuk memanfaatkan ketiga fitur ini, lihat panduannya di sini.

Pengguna Samsung Galaxy A52 mungkin masih belum mengerti cara menggunakan fitur screenshot di ponselnya. Salah satu kegunaan fitur screenshot ini adalah untuk menunjukkan bukti pembayaran saat berbelanja online atau menyampaikan informasi berupa gambar.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A52 4G dan A52 5G

Umumnya mengambil screenshot di Samsung dengan menekan tombol Volume dan Power secara bersamaan sehingga bisa menangkap apapun yang ada di layar. Selain itu ada juga beberapa cara seperti melalui menu asisten, swipe layar dengan telapak tangan dan scroll capture.

Berikut beberapa cara mudah untuk mengambil screenshot layar HP Samsung A52 versi 4G dan 5G.

1.) Tombol Fisik

Salah satu cara tercepat untuk mengambil screenshot di Samsung A52 adalah dengan menekan tombol. Pastikan untuk mengikuti petunjuknya, agar berhasil screenshot menggunakan tombol Hp.

  1. Buka Samsung A52 lalu cari area yang ingin kamu screenshot.
  2. Berikutnya letakkan jari di tombol Daya dan Kecilkan Volume lalu tekan dan langsung lepaskan.
  3. Layar ponsel akan diambil secara otomatis.
  4. Jika perlu, edit tangkapan layar menggunakan fitur putar dan potong.

Jika tombol daya macet atau Volume tidak dapat diandalkan, kamu mungkin tidak dapat mengambil tangkapan layar. Atau, gunakan fitur Palm swipe yang memungkinkan kamu mengambil tangkapan layar tanpa tombol.

2.) Gesek Telapak Tangan

Pada Samsung A52 sendiri, ada beberapa cara untuk mengambil screenshot, dan yang paling mudah adalah Palm swipe yang prosesnya lebih cepat. Pengguna cukup menggesek layar menggunakan telapak tangan dan dalam sekejap screenshot telah berhasil disimpan.

  1. Buka Setelan menu Samsung A52.
  2. Pilih opsi Fitur Lanjutan.
  3. Pilih Gerakan Dan Isyarat.
  4. Aktifkan tombol Gesek Telapak Tangan Untuk Mengambil.
  5. Selanjutnya, tentukan halaman yang akan diambil.
  6. Kemudian geser layar dari kanan ke kiri dengan tangan menghadap ke samping.
  7. Selanjutnya kamu akan mendengar suara kamera sebagai tanda bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  8. Dan untuk melihat screenshotnya, kamu hanya perlu membuka aplikasi Galeri.

Fitur ini dirancang untuk pengguna yang kesulitan mengambil tangkapan layar dengan metode di atas, juga berfungsi dengan baik untuk siapa saja yang memiliki masalah dengan tombol ponsel mereka.

3.) Menu Asisten

Dengan fitur ini, pengguna dapat menjalankan sejumlah aplikasi lebih cepat di ponsel Samsung A52. Cukup klik lingkaran kecil di tepi layar, maka beberapa ikon aplikasi dan pintasan tangkapan layar akan muncul.

Berikut cara lengkap menggunakan menu asisten untuk mengambil screenshot di HP Samsung A52.

  1. Masuk ke menu Setelan.
  2. Pilih menu Aksesibilitas.
  3. Klik opsi Interaksi dan Ketangkasan.
  4. Klik tombol Menu Asisten untuk mengaktifkannya.
  5. Kemudian akan muncul tombol Menu Asisten, tombol mengambang yang bisa digeser sesuka hati.
  6. Ketuk Menu Asisten lalu ketuk pintasan Screenshot (Screenshot).

Pastikan, saat mengambil tangkapan layar dengan metode ini, tombol menu asisten tidak akan muncul dalam bidikan. kamu dapat menyeret tombol ke sudut mana pun di layar.

4.) Bilah alat tangkapan layar

Ini adalah cara mengambil screenshot panjang Samsung A52 tanpa aplikasi yang ramah pengguna untuk digunakan pemula. Cukup aktifkan bilah alat tangkapan layar lalu ketuk ikon panah bawah untuk mengambil tangkapan layar yang panjang.

  1. Buka menu Setelan > Fitur Lanjutan > Screenshot.
  2. Harap geser ke posisi ON pada Bilah Alat Tangkapan Layar untuk mengaktifkannya.
  3. Buka aplikasi yang ingin kamu ambil screenshot panjangnya, misalnya browser yang menampilkan artikel di lebih dari satu layar.
  4. Silakan ambil tangkapan layar pada Samsung A52 kamu menggunakan kombinasi tombol daya + volume turun, geser layar dengan telapak tangan atau melalui menu asisten.
  5. Setelah toolbar muncul di bagian bawah, tap Scroll Capture (gambar panah ke bawah) untuk mengambil screenshot panjang.

Dengan adanya fitur long screenshot akan memudahkan pengguna untuk mengambil screenshot pada scroll halaman atau website. Selain itu, biasanya digunakan untuk menyimpan percakapan dengan seseorang di aplikasi pesan instan.

Kesimpulan

Samsung sebagai penguasa smartphone terus berusaha meningkatkan pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Oleh karena itu, mereka menyediakan beberapa opsi tangkapan layar sekaligus. Pengguna tinggal memilih cara yang disukai dan sesuai dengan kondisi ponsel.

Beberapa cara screenshot ini sama-sama mudah dan cepat dilakukan sehingga pilihannya ditentukan oleh selera pengguna smartphone Samsung. Kami lebih suka menggunakan fitur menu asisten karena bisa dilakukan lebih cepat.

Namun, bagi pengguna yang mengetahui cara lain untuk mengambil screenshot di Samsung A52, bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah.

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.