Android

Cara Screenshot Samsung Galaxy A32

Untuk pengguna Samsung A32 ada dua cara untuk mengambil screenshot. Pertama adalah cara tradisional yang bekerja pada sebagian besar model Hp Samsung. Selain itu juga ada beberapa cara lain yang lebih cepat untuk melakukan tangkapan layar.

Screenshot mungkin tampak seperti fitur pada umumnya, tetapi sangat berguna sekali. Pasalnya memungkinkan kita untuk menyimpan informasi dengan cara yang lebih cepat dan lebih terorganisir. Kita bisa menyimpan hasil screenshot tersebut atau membagikan ke orang lain.

Jadi bisa dibilang, screenshot merupakan cara termudah untuk menyimpan informasi penting yang kita lihat di web ataupun aplikasi. Jika akan lebih cepat mengaksesnya jika suatu saat dibutuhkan.

Selain itu screenshot juga membuat kita tidak repot harus menulis ulang dan bisa menjadi sebuah bukti dari apa yang kita lihat atau baca. Untuk yang belum tahu cara screenshot di Hp Samsung A32 versi 4G atau 5G dapat mengikuti beberapa metode yang FourteenFloor jelaskan secara rinci di bawah ini.

Beberapa Cara Screenshot Hp Samsung A32 4G/5G

Menggunakan Tombol

Pengguna Samsung yang berpengalaman akrab dengan cara kerja fitur screenshot dengan tombol, dan mereka telah menggunakannya selama bertahun-tahun. Meskipun begitu, untuk ponsel Samsung berbasis Android 10 keatas caranya sedikit berbeda, oleh sebab itu banyak yang mengeluh fitur screenshot ini tidak berfungsi.

Nah untuk pengguna baru Samsung A32 yang belum tahu langkah-langkah yang benar dapat menyimak panduan berikut.

  • Tekan tombol Volume Turun dan tombol Daya secara bersamaan dan jangan kalian tahan tapi langsung lepaskan.
    SS Samsung A32 Menggunakan Tombol

Jika mengikuti petunjuk ini dengan benar pasti kamu telah berhasil membuat tangkapan layar dan ponsel akan secara otomatis menyimpannya ke galeri Anda.

Gesture Telapak Tangan

Palm Swipe To Capture Samsung A32
Jika ingin screenshot tanpa tombol, kamu dapat melakukannya dengan menggesekkan telapak tangan di layar. Apabila sudah mencobanya, dan tidak berhasil? itu berarti fitur tersebut belum kamu aktifkan. Silahkan mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Berikut cara melakukannya.

  1. Masuk ke menu Settings kemudian pilih Advanced Features lalu pilih Motion And Gesture.
  2. Setelah itu, aktifkan fitur yang bernama Palm Swipe To Capture atau Usapkan telapak tangan untuk mengambil.
  3. Setelah fitur ini aktif, kamu sudah dapat mengambil screenshot dengan mengusap telapak tangan pada layar dari sisi kanan ke kiri atau sebaliknya.
  4. Lalu layar akan berkedip dan setelah itu, hasilnya akan langsung tersimpan di galeri atau jika ingin langsung dibagikan tap ikon Share yang ada di bawah.

Perhatikan baik-baik caranya, pastikan tangan menyentuh layar saat mengusap. Beberapa orang mengeluh bahwa fitur ini tidak berfungsi di ponsel mereka, tetapi ternyata mereka hanya menyapunya di atas layar.

Edge Panel

Cara screenshot tanpa tombol lainnya adalah dengan menggunakan shortcut pada Edge Panel. Banyak shortcut yang dapat kita kustomisasi sendiri melalui Edge Panel. Metode tangkapan layar seperti ini juga sama mudahnya dengan gesture, yang penting fiturnya sudah diaktifkan.

Buka Pengaturan >> Layar setelah itu aktifkan fitur Edge Panel. Setelah mengaktifkannya, lalu ketuk opsi Panel di bagian bawah lalu Pilih Cerdas.

Nah, sekarang kamu sudah bisa mengambil screenshot layar Samsung A32 dengan geser garis di samping layar ke tengah setelah muncul panel ketuk shortcut Ambil Gambar Layar.

Kamu dapat ambil gambar layar menggunakan cara ini pada Hp Samsung lainnya, asalkan telah mengaktifkan fitur Edge Panel ini.

Menu Asisten

Menu Asisten Samsung A32
Fungsi Menu Asisten hampir sama dengan Edge Panel yang telah kami sebutkan di atas. Di sini kita juga dapat menemukan shortcut screenshot. Berikut cara mengaktifkan menu asisten dan menggunakannya untuk melakukan screenshot Samsung A32.

  1. Masuk ke menu Pengaturan lalu gulir layar sampai ketemu menu Aksesibilitas dan klik Interaksi dan Kecekatan.
  2. Tap Menu Asisten lalu aktifkan fitur tersebut nanti di layar Samsung akan muncul menu transparan berbentuk bola.
  3. Langkah berikutnya, pilih area yang akan di capture.
  4. Untuk mengambil screenshot, ketuk menu asisten yang mengambang di layar kemudian ketuk ikon Ambil Gambar layar.

Screenshot Panjang Samsung A32

Cara screenshot ini dengan ketiga cara di atas berbeda, kalau screenshot panjang memungkinkan untuk mengambil gambar sampai ke halaman terbawah. Kalau kamu punya obrolan yang menyenangkan dengan seseorang dan ingin menyimpannya, gunakan SS panjang ini nantinya semua chat dengan si dia dapat tercapture semua.

Untuk langkah-langkah mengambil screenshot panjang dapat mengikuti panduan berikut.

  1. Buka menu Pengaturan » Fitur Lanjutan » Gambar Layar.
  2. Silahkan geser slider Bilah alat gambar layar agar menjadi On.
  3. Buka halaman akan di screenshot panjang, contohnya browser yang memuat sebuah postingan melebihi satu layar.
  4. Silahkan ambil screenshot dengan menggunakan cara apapun pada Samsung A01 Core Anda.
  5. Jika sudah muncul bilah alat , ketuk Scroll Capture (tanda panah ke bawah) untuk membuat ss panjang.

Perhatian jika halaman yang di SS sangatlah panjang tentunya prosesnya akan lama dan juga ukuran gambar akan semakin besar.

Cara lain untuk mengambil screenshot panjang di Hp Samsung dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu yang populer adalah LongShot. Silahkan coba menggunakan aplikasi tersebut.

Share Pendapat Kamu Tentang Screenshot ini

Kami harap artikel ini bermanfaat dan kamu sekarang tahu cara mengambil screenshot di Samsung A32. Jika kamu seperti kebanyakan orang mengambil tangkapan layar setiap hari. Ini adalah fenomena yang menarik, dan kami ingin tahu lebih banyak tentangnya.

Screenshotnya biasanya digunakan buat apa? Apakah menyimpan tangkapan layar untuk diri sendiri, atau membagikannya dengan teman-teman? Jangan ragu untuk membagikan pendapat dengan pengguna lain di bagian komentar di bawah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *