Android

Cara Screenshot Samsung Galaxy A03 Core (Android Go Edition)

Bagi kamu pengguna Galaxy A03 Core mungkin ada beberapa hal yang belum di ketahui, pasalnya ponsel ini menggunakan Android Go. Umumnya pengguna Samsung familiar dengan OS One UI, sehingga akan sedikit bingung saat menggunakan Hp terbaru mereka ini.

Samsung A03 Core didukung dengan layar berjenis PLS Infinity-V berukuran 6,5 inci dan resolusi HD+. Di bagian mesin, Hp ini didukung memori internal 32GB dan RAM 2 GB. Sedangkan chipset yang digunakan adalah Unisoc SC9863A Octa-Core 1.6 GHz.

Dukungan baterai sebesar 5.000 mAH terbilang cukup besar yang mampu dipakai seharian sehingga masih nyaman dipakai untuk main game, hingga menikmati konten dan kegiatan belajar. Samsung juga membekalinya dengan kamera utama 8MP dan kamera selfie 5MP.

Samsung Galaxy A03 Core menjalankan sistem operasi Android 11 Go Edition. Sistem operasi ini memang dibuat oleh Google untuk smartphone yang memiliki RAM di bawah 2GB.

Meskipun begitu, fitur screenshot masih bisa kita gunakan untuk mengambil gambar layar. Mekanisme atau cara screenshot hp Samsung A03 Core sangatlah mudah menggunakan beberapa cara yang mungkin belum kamu ketahui.

Cara Screenshot Samsung A03 Core Menggunakan Tombol

Screenshot Samsung A03 Core Tombol
Meskipun cara ini terbilang ketinggalan jaman, namun screenshot dengan kombinasi tombol fisik masih sangat membantu terutama bagi pengguna yang ingin mengambil screenshot dengan cepat dan praktis.

  1. Pergi ke halaman yang akan di screenshot.
  2. Tekan tombol Power dan Volume Down bersamaan lalu langsung lepaskan.
  3. Nanti layar ponsel akan berkedip dan terdengar suara shutter kamera.
  4. Silahkan kamu buka galeri dan lihat hasil tangkapan layar di sana.

Shortcut Screenshot Samsung A03 Core Lewat Menu Asisten

Jika ingin mengambil screenshot tanpa tombol, kamu dapat menggunakan fitur bernama Menu Asisten. Caranya juga mudah, kamu cukup mengaktifkan fitur Menu Asisten yang menyediakan berbagai shortcut untuk mengakses fungsi-fungsi tertentu.

Setelah Menu Asisten diaktifkan nanti muncul tombol virtual berbentuk bulatan yang dapat kita gunakan untuk navigasi serta mengambil screenshot. Untuk pengguna yang belum mengetahui cara menggunakan fitur ini untuk mengambil tangkapan layar, silahkan simak panduan berikut ini.

  1. Pertama buka menu Pengaturan lalu scroll ke bawah dan pilih Aksesibilitas
  2. Selanjutnya pilih menu Interaksi dan Kecekatan kemudian aktifkan Menu Asisten
  3. Setelah aktif maka akan muncul tombol virtual seperti bola. Silahkan klik tombol virtual tersebut.
  4. Kemudian tap shortcut Gambar Layar untuk mengambil screenshot.

Dari kedua cara ini, screenshot menggunakan kombinasi tombol fisik lebih praktis dibandingkan menu asisten. Namun penggunaan dari fitur screenshot ini sendiri tergantung dari selera dan kebiasaan penggunanya. Jika ingin praktis gunakan tombol dan jika ingin tombolnya lebih awet gunakan menu asisten.

Saya yakin saat ini kamu sudah berhasil mengikuti cara screenshot Samsung Galaxy A03 Core yang telah kami jabarkan di atas dan dapat langsung mengunggah screenshot tersebut di media sosial favorit kamu.

Apabila kamu memiliki cara lain untuk melakukan screenshot di Hp Samsung A03 Core maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Related Articles

2 Comments

  1. Works! paling gampang pake menu asisten….kasian tombol kalau di pakai terus takut rusak…

Leave a Reply

Your email address will not be published.