Windows

Cara Aktifkan / Nonaktifkan Microsoft Defender Windows 11

Microsoft telah merilis Pratinjau Windows 11 terbaru, yang seperti namanya, ini adalah versi pratinjau atau beta sebelum peluncuran resmi sistem operasi baru penerus Windows 10.

Ada beberapa fitur dalam perangkat lunak dan salah satunya adalah Microsoft Defender, yang merupakan bagian dari Microsoft Security. Ini adalah perangkat lunak anti-malware gratis di sistem operasi Windows yang melindungi komputer dari virus dan malware.

Jika tidak menginstal antivirus komersial atau program keamanan lainnya, Microsoft Defender seharusnya menjadi fitur yang dapat kita andalkan.

Namun, jika menggunakan software anti virus pihak ketiga atau jika merasa terganggu dengan adanya fitur ini dan ingin menonaktifkannya, Silahkan mengikuti panduan langkah demi langkah yang FourteenFloor jabarkan di bawah ini. Proses yang sama juga dapat diikuti untuk mengaktifkan alat keamanan di Windows 11.

Aktifkan / Nonaktifkan Microsoft Defender di Windows 11

Bagi pengguna yang ingin mencoba Cara mengaktifkan atau menonaktifkan Microsoft Defender Windows 11 maka dapat melihat panduannya sebagai berikut ini.

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan Sistem di komputer. Untuk ini, kamu dapat menekan tombol Windows + i pada keyboard atau klik Mulai dan kemudian pilih Pengaturan.

Atau dengan menggunakan kotak pencarian di bilah tugas dan mencari Pengaturan lalu memilih aplikasi untuk membukanya.

Langkah 2: Di Pengaturan Windows, klik Privasi & Keamanan lalu pilih Keamanan Windows di panel kanan layar.

Langkah 3: Sekarang, klik tombol Buka Keamanan Windows. Ini akan membawa ke panel window pengaturan Keamanan.

Langkah 4: Dari panel sebelah kiri, pilih Virus & perlindungan ancaman di menu sebelah kiri, di bawah Perlindungan virus & ancaman di panel kanan, klik tautan Pengaturan.

Langkah 5: Untuk mematikan perlindungan Real-time dan perlindungan Cloud-delivered, matikan sakelar pada kedua opsi.

Anda juga dapat menonaktifkan Microsoft Defender Firewall dengan masuk ke “Firewall dan perlindungan jaringan” dari panel sisi kiri.

Setelah itu, buka “Aplikasi dan kontrol browser” untuk menonaktifkan fitur “Periksa file dan aplikasi” dan “SmartScreen for Microsoft Edge” untuk menonaktifkan sebagian besar fitur Microsoft Defender.

Untuk mengaktifkan fitur-fitur ini, cukup alihkan sakelar ke AKTIF dan fitur-fitur tersebut akan diaktifkan.

Penutup

Perlu kami tegaskan kalau Microsoft Defender tidak memengaruhi kinerja atau mengganggu suite keamanan lain yang diinstal di komputer Anda, maka harus tetap mengaktifkan layanan untuk keamanan.

Demikianlah informasi Cara mengaktifkan atau menonaktifkan Microsoft Defender Windows 11 dan pengguna yang memiliki metode lain untuk melakukannya maka dapat memberikan informasinya pada kolom di bawah ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.