Mac

Cara Mentransfer Data Mac dari Hard Drive lama ke SSD baru

Apakah kamu ingin upgrade laptop ke SSD atau tidak? Ini adalah pertanyaan umum. Solid-state drive (SSD) memiliki serangkaian keunggulan signifikan. Mereka menawarkan umur panjang yang lebih baik, waktu boot lebih cepat, bobot lebih ringan, dan hampir tidak ada suara bising. Selain itu, SSD hemat energi dan bekerja jauh lebih cepat daripada HDD tradisional.

Sebelum memutuskan untuk memutakhirkan Mac kamu ke SSD, ada satu masalah yang harus kamu tangani. Kamu harus mengatur proses transfer data. Meskipun kamu dapat melanjutkan dengan instalasi sistem operasi secara bersih, itu bukan jalan keluar terbaik. Komputer menyimpan gigabyte data seperti dokumen, file, foto kenangan, dan koleksi musik yang tidak dapat hidup tanpanya.

Cara Transfer Data dan File dari Mac ke Drive SSD

Untuk menyimpan semua file dan data, ada dua cara umumnya dilkaukan. Pertama menyalin semua file secara manual yang tentunya memakan waktu dan melelahkan. Cara terbaik, termudah dan tercepat adalah mengkloning hard drive Mac kamu ke SSD. Untuk melakukan tugas ini, kamu harus melalui langkah-langkah berikut:

Langkah 1 – Cadangkan semua data Anda
Kamu dapat melakukannya dengan bantuan Time Machine Backup. Ini perlu untuk mengatur hard drive eksternal yang sesuai dengan kapasitasnya. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa jam.

Langkah 2 – Ganti HDD lama dengan SSD baru

Untuk prosedur ini, kamu perlu mengatur SSD baru, obeng yang sesuai, beberapa sekrup tambahan, spudger, dan persediaan pembersih.

Langkah 3 – Mulai ulang Mac Anda

Untuk membuka Menu Pemulihan Apple, kamu harus menggunakan kombinasi tombol Command+R .

Langkah 4 – Format SSD baru Anda

Setelah prosedur selesai, kamu harus kembali ke layar pengaktifan utilitas. Sekarang,

  • Tempelkan drive eksternal yang berisi semua data yang diperlukan ke komputer Anda.
  • Pilih SSD dari bilah sisi.
  • Terapkan opsi “Pulihkan” (Pulihkan dari Time Machine).
  • Mulai ulang Mac Anda.

Setelah melakukan semua prosedur, pastikan untuk memeriksa apakah semua file berhasil dikloning.

Cara Mengatasi Kehilangan Data Setelah Proses Transfer Selesai

Ada beberapa kesulitan yang mungkin kamu hadapi saat memigrasikan data dari Mac ke SSD. Yang pertama adalah kemungkinan kehilangan atau kerusakan data. Bahkan jika kamu seorang profesional TI dan telah mentransfer berbagai jenis data, kesalahan masih dapat terjadi.

Salah satu masalah paling umum yang dihadapi pengguna saat mengkloning OS adalah kehilangan data. Tidak ada yang ingin kehilangan file penting. Jika itu terjadi, tidak ada alasan untuk putus asa. Dengan bantuan utilitas khusus, dimungkinkan untuk memulihkan data dari SSD atau HDD.

Disk Drill Data Recovery adalah salah satu aplikasi paling efektif yang memungkinkan pengambilan file jenis apa pun. Program ini memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif. Untuk mendapatkan kembali data kamu yang hilang, cukup download dan install aplikasi di perangkat Mac. Tapi ingat ini hanya versi gratisnya, hanya bisa memulihkan data 500 MB data.

Untuk mengambil data yang hilang, buka Disk Drill dan pilih opsi Data Recovery. Kemudian pilih drive tempat kamu ingin mengambil data dan jenis file yang kamu cari. Setelah proses selesai, lanjutkan dan pilih file yang ingin kamu pulihkan.

Selain itu, sebaiknya buat salinan file terpenting dan simpan di penyimpanan cloud atau drive USB.

Memilih SSD yang tepat untuk komputer kamu juga merupakan tantangan tersendiri karena berbagai jenis SSD tersedia di pasaran. Perhatikan bahwa kamu tidak boleh membabi buta membeli model yang kamu sukai atau yang sesuai dengan anggaran Anda. Kompatibilitas SSD dengan sistem kamu adalah yang paling penting.

Seseorang juga harus mempertimbangkan hal-hal seperti kapasitas penyimpanan, tingkat kebisingan, dan biaya peningkatan saat membeli SSD. Pada dasarnya, tujuan kita untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja komputer secara keseluruhan.

Karena itu, siapa pun harus dapat mengkloning data dari HDD ke SSD tanpa repot. Pastikan untuk menggunakan alat pemulihan data yang andal dan ikuti instruksi dengan cermat untuk menghindari kemungkinan kehilangan data.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.