Windows

Cara Menonaktifkan Crash Dump Windows 10 Lewat Pengaturan

Secara default, sistem operasi Windows 10 membuat file dump dan mengambil tindakan tertentu secara otomatis selama kesalahan kritis. Tetapi perusahaan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan ini sesuai preferensi mereka.

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan prosedur langkah demi langkah untuk menonaktifkan pembuatan file crash dump di sistem operasi Windows 10 menggunakan aplikasi Pengaturan.

Sebelum memulainya, sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu penjelasan tentang Crash Dump di Windows berikut ini.

Apa Itu Crash Dump?

Crash dump adalah berkas file yang berisi kumpulan informasi yang terkumpul selama Windows mengalami lag, crash atau freeze. Selain itu, biasanya menyertakan waktu kapan terjadinya error dan kondisi atau konfigurasi pada perangkat Windows yang error.

File dump ini juga sering digunakan oleh developer untuk debugging sebuah software atau aplikasi untuk mengetahui bug atau crash yang dialami.

Crash dumps dapat berupa data sementara yang akan otomatis dihapus oleh aplikasi, namun ada aplikasi yang memilih untuk tidak membuang crash dump untuk diupload ke server utama untuk perbaikan di versi selanjutnya.

Jika semakin lama dibiarkan otomatis akan menghabiskan memory penyimpanan perangkat Windows. Jika kamu malas membersihkannya sebaiknya nonaktifkan saja crash dump ini di melalui menu pengaturan pada Windos 10.

Cara Menonaktifkan pembuatan crash dump di Windows 10

Jika kamu yang berniat mengikuti Cara menonaktifkan pembuatan crash dump Windows 10 maka dapat melihat tutorialnya di bawah ini.

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan di komputer Windows 10. Untuk ini, cari aplikasi Pengaturan di menu Mulai dan pilih aplikasi dari hasil pencarian.

Langkah 2: Di aplikasi Pengaturan, klik Sistem dan kemudian klik opsi Tentang.

Langkah 3: Sekarang, di bawah bagian Pengaturan Terkait, klik opsi Pengaturan Sistem Lanjut.

Langkah 4: Di jendela System Properties yang terbuka, buka tab Advanced dan kemudian klik tombol Settings di bawah bagian Startup and Recovery.

Langkah 5: Di bawah bagian Tulis informasi debug, gunakan menu tarik-turun dan pilih opsi (tidak ada).
Non Aktifkan Crash Dump

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, sistem tidak akan lagi membuat file kesalahan. Jika berubah pikiran, selalu dapat mengembalikan pengaturan.

Kesimpulan

Bagi mereka yang tidak sadar, file dump adalah jenis file khusus yang dibuat secara otomatis ketika sistem mengalami Blue Screen of Death (BSoD).

Biasanya dikenal sebagai pemeriksaan bug, kesalahan berhenti, atau kesalahan sistem dan kemudian tiba-tiba reboot atau mati. File berisi informasi tentang sumber daya yang dimuat di memori pada saat crash.

Sekian dulu informasi Cara menonaktifkan pembuatan crash dump Windows 10 dan kamu yang memiliki cara lain untuk melakukannya maka dapat memberikan informasinya pada kolom di bawah ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.