Windows

Cara Menonaktifkan Print Spooler di Windows 10

Microsoft telah mengakui kerentanan PrintNightmare yang memengaruhi semua versi sistem operasi Windows. Ini pada dasarnya mempengaruhi layanan Print Spooler dan memungkinkan peretas untuk mengeksekusi baris kode untuk menginstal aplikasi, memanipulasi data, atau bahkan membuat akun baru dengan hak penuh.

Laporan menunjukkan bahwa kerentanan Windows Print Spooler itu secara tidak sengaja dipublikasikan oleh peneliti Sangfor, tetapi segera dihapus. Namun, kode tersebut dengan cepat berkembang di GitHub, memungkinkan orang lain untuk mengaksesnya sebelum dihapus.

Raksasa teknologi berbasis Redmon secara aktif menyelidiki masalah dan telah merekomendasikan untuk menonaktifkan sementara layanan Windows Print Spooler atau memblokir koneksi masuk ke print server hingga perbaikan permanen dirilis.

Cara Menonaktifkan Layanan Print Spooler

Ada beberapa cara melakukan ini, tetapi dalam panduan langkah demi langkah ini, kami akan menunjukkan cara menonaktifkan layanan Print Spooler untuk mengurangi kerentanan PrintNightmare pada sistem operasi Windows 10 menggunakan PowerShell.

Bagi kamu yang ingin mencoba Cara menonaktifkan layanan Print Spooler Windows 10 maka dapat melihat panduannya sebagai berikut ini.

Langkah 1: Buka menu Start di komputer Windows 10 dan cari istilah PowerShell.

Langkah 2: Dari hasil pencarian, klik kanan pada hasil teratas dan pilih opsi Run as administrator.

Langkah 3: Sekarang, di jendela PowerShell, ketik perintah berikut untuk menghentikan layanan Print Spooler:

Stop-Service -Name Spooler -Force

Kamu bisa mengetikkan perintah berikut untuk mencegah layanan memulai kembali selama restart:

Set-Service -Name Spooler -StartupType Disabled

Sekian dulu tutorial Cara menonaktifkan layanan Print Spooler Windows 10. Namun apabila Anda mempunyai cara lain yang lebih mudah maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Untuk informasi menarik lainnya Anda bisa lihat juga Cara Update Windows 10 yang sudah di bahas pada tutorial sebelumnya yang mungkin akan sangat berguna bagi Anda.

Anda juga bisa melihat panduan kami yang lain untuk menjadikan pengalaman lebih baik dengan menyesuaikan sistem operasi dan perangkat lunak sesuai kebutuhan, bersama dengan tip dan trik. Kami telah membahas beberapa topik, termasuk macOS, dan Android.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.