Guides

Cara Meningkatkan Kinerja MacBook Agar Lebih Cepat

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa MacBook kamu tidak bekerja secepat biasanya? Paling sering itu terjadi pada saat yang paling tidak tepat. Misalnya, ketika kamu berada di tengah tugas yang mendesak atau saat memainkan putaran penting di game komputer favorit Anda. Dalam kasus seperti itu, komputer yang lambat bukanlah hal yang paling menyenangkan yang bisa terjadi.

Seiring waktu, pemilik MacBook dapat mengalami kelambatan dan penurunan kinerja perangkat mereka. Berikut adalah beberapa tip bermanfaat yang dapat berguna dalam situasi seperti itu dan membantu meningkatkan kinerja MacBook. Beberapa tips ini cukup sederhana dan jelas, tetapi mengikutinya akan membantu kamu mempercepat komputer kamu secara signifikan.

Nonaktifkan peluncuran otomatis aplikasi dan utilitas

Jika kamu menginstal banyak utilitas di macOS, mereka dapat berjalan di latar belakang dan menambahkan dirinya sendiri ke daftar startup. Ini dapat memengaruhi waktu mulai dan memperlambat Mac kamu tergantung pada jumlah program startup. Proses yang tidak diinginkan yang berjalan di latar belakang juga dapat menambah beban pada prosesor dan RAM.

TIPS : Gunakan Monitor Aktivitas untuk menemukan aplikasi atau proses mana paling banyak menggunakan sumber daya. Kemudian kamu dapat memaksa keluar dari aplikasi yang bermasalah atau tidak responsif.

Tidak perlu masuk ke pengaturan setiap program untuk mengecualikannya dari startup. kamu dapat dengan mudah menonaktifkan aplikasi intensif sumber daya dengan masuk ke System Preferences > Users & Groups > Login Items. Pilih program yang tidak ingin kamu buka secara otomatis dan klik tombol Hapus (-ikon) di bawah daftar.

Kosongkan ruang disk

Alasan lambatnya pengoperasian MacBook sering kali terletak pada kurangnya memori bebas pada perangkat. Menyingkirkan beberapa file besar pasti akan membantu memperbaiki masalah ini. kamu dapat menghapus sendiri file dan aplikasi tanpa perlu dari perangkat atau menggunakan utilitas khusus.

Dalam kasus pertama, pilih “Tentang Mac Ini” dan klik “Penyimpanan”. Kemudian klik Kelola di sebelah drive penyimpanan Anda.

Dan ini akan membuka aplikasi manajemen ruang disk khusus. Gunakan bilah sisi untuk mengakses berbagai kategori seperti Aplikasi dan Dokumen untuk mengosongkan ruang disk.

Jika ingin menghapus memori pada Mac menggunakan utilitas pihak ketiga, ada banyak pilihan. MacKeeper adalah salah satu utilitas paling populer dan mudah digunakan yang dapat kamu gunakan untuk menyingkirkan file dan aplikasi yang tidak perlu di MacBook, serta memindai virus.

Tutup tab Safari yang tidak perlu

Anda mungkin terkejut mengetahui berapa banyak memori yang digunakan halaman web yang kamu lihat di browser kamu setiap hari. Dengan memori yang kurang mencukupi, bahkan berselancar di Internet dapat membuat sistem menjadi lambat, terutama jika kamu memiliki banyak tab yang terbuka. Setiap tab baru terbuka di jendela browser baru. Jika lebih dari sepuluh tab terbuka, kebocoran memori dan sumber daya sistem dapat terjadi.

Untuk menghindari situasi ini, tutup tab yang tidak digunakan di Safari pada waktu yang tepat dan cobalah untuk membuka tidak lebih dari 10 tab secara bersamaan.

Nonaktifkan Enkripsi FileVault

Enkripsi disk FileVault diaktifkan secara default pada Mac yang menjalankan OS X Yosemite atau yang lebih baru. Berkat fitur khusus ini, bahkan jika Mac kamu hilang atau dicuri, data pada disk akan tetap aman dan privasi kamu tidak akan terganggu. Namun, enkripsi akan selalu menghabiskan sumber daya. Oleh karena itu, ini dapat memperlambat proses boot dan login jika Enkripsi Otomatis diaktifkan.

Jika kamu memiliki Mac stasioner atau perlindungan data jauh dari tempat pertama, maka masuk akal untuk menonaktifkan opsi ini. Caranya, buka System Preferences > Security & Privacy > FileVault dan klik “Turn Off FileVault”.

Mulai ulang MacBook kamu setelah penggunaan yang lama

Membiarkan Mac selalu berjalan membuat segalanya lebih mudah. PC selalu siap digunakan, yang merupakan salah satu aspek paling menarik dalam menggunakan produk Apple. Namun, restart akan membebaskan RAM, sehingga membersihkan memori dari aplikasi yang sudah tidak digunakan dan sisa-sisa proses latar belakang.

Ini secara signifikan membantu dalam mempercepat komputer, jika  telah menggunakannya selama beberapa jam atau hari tanpa gangguan. Pastikan untuk menyimpan semua informasi dan perkerjaan sebelum memulai ulang.

Setel ulang SMC

Menyetel ulang System Management Control (SMC) adalah solusi tepat untuk memperbaiki sebagian besar masalah sistem. Selain itu juga membantu mengatasi masalah banyaknya aplikasi yang berjalan secara otomatis dan membantu membebaskan RAM.

PC akan menyala seperti biasa, tetapi parameter SMC akan diatur ulang dan perangkat akan berjalan lebih cepat.

Perbarui macOS ke versi terbaru

Kombinasi OS lama dan aplikasi baru mengurangi kinerja komputer. Dan pembaruan biasanya mengatasi masalah kinerja. Dengan rutin memperbarui perangkat lunak dan sistem operasi, tidak hanya memberi kamu fitur-fitur terbaru tetapi secara umum dapat meningkatkan kinerja perangkat saat bekerja dengan aplikasi baru.

Pembersihan preventif dan perbaikan perangkat

Seiring waktu, di dalam PC terjadi penumpukan debu, dan kondensasi juga dapat terjadi di daerah dengan kelembaban tinggi atau perubahan suhu yang cepat. Ini akan menurunkan pasta termal yang diterapkan ke permukaan CPU dan GPU untuk pembuangan panas menjadi lebih baik.

Untuk menghindari panas berlebih, clock prosesor akan turun kecepatannya saat sistem mencapai suhu kritis. Dalam kasus seperti ini sering terjadi, disarankan untuk membersihkan laptop di pusat layanan. Setelah dibersihkan, laptop akan bekerja relatif lebih stabil, cepat, dan tidak akan terjadi masalah overheat

Kesimpulan

Kiat di atas tidak hanya akan meningkatkan kinerja MacBook, tetapi juga membebaskannya dari aplikasi yang tidak perlu, melegakan memori penyimpanan, dan memperpanjang umur perangkat.

Sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini agar macbook milikmu lebih otpimal:

  • Mulai ulang MacBook kamu setiap beberapa jam saat kamu bekerja secara intensif di perangkat.
  • Hapus aplikasi tidak perlu secara teratur.
  • Optimalkan pengaturan gambar dan animasi.
  • Perbarui macOS ke versi terbaru yang tersedia.
  • Lakukan pembersihan mendalam pada perangkat setahun sekali.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.