iOS

Cara Kompres File Menjadi Zip di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Banyak perubahan signifikan telah dilakukan oleh Apple pada aplikasi File terbaru di iPadOS dan iOS. Salah satu perubahan pada aplikasi File yang saat ini sudah dibekali fitur membuat file zip di iPad dan iPhone, sehingga tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebelumnya, aplikasi hanya dapat membuka zip file saja.

Archive ZIP memungkinkan kita menggabungkan beberapa file seperti PDF, video dan foto ke dalam satu file zip. Kamu dapat dengan mudah membagikan file zip terkompresi melalui email dan memudahkan penerima untuk download beberapa lampiran sekaligus.

Selain itu, kompresi biasanya membantu dalam mengurangi ukuran file asli, meskipun saya tidak melihat pengurangan yang tidak terlalu berarti dalam ukuran file yang dikompresi menggunakan aplikasi File.

Masih banyak pengguna iPhone yang belum tahu cara kompres sebuah file dengan menggunakan aplikasi File manager bawaan iPhone. Nah, pada artikel ini, kami akan memandu cara kompress foto ke zip di perangkat iOS.

Cara Kompres File Jadi ZIP di iPhone

Kompress foto iphone ke zip
Silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini jika ingin menyimpan kumpulan video, screenshot atau gambar dalam satu file .zip. Untuk panduan ini, perangkat yang menjalankan iOS 13 keatas atau iPadOS.

  1. Buka aplikasi Foto di iPad atau iPhone.
  2. Ketuk tab Album untuk mengakses foto, video, live photo, screenshot, dan rekaman layar dengan cepat di bawah Media Types.
  3. Ketuk opsi Select dari sudut kanan atas dan pilih semua file media yang ingin kompres dalam format Zip.
  4. Ketuk opsi Share, gulir ke bawah menu bagikan dan pilih Save to Files.
  5. Ketuk On My iPhone dan pilih direktori tempat ingin menyimpan item yang dipilih.
  6. Jika lebih suka menyimpan file zip di iCloud, pilih iCloud Drive. Kemudian tekan Simpan.
  7. Buka aplikasi File lalu tap Browse dan pilih lokasi dan direktori tempat menyimpan file.
  8. Ketuk Select dari sudut kanan atas dan pilih file yang diinginkan atau folder lengkap.
  9. Sekarang ketuk More dari kanan bawah dan pilih Compress.
  10. Nanti File Archive.zip akan otomatis muncul di lokasi yang sama.

Untuk compress satu file atau folder, ketuk dan tahan file tertentu dan pilih Kompres dari menu. Setelah melakukannya akan membuat arsip ZIP file di direktori yang sama. Selain itu, kamu juga dapat membuat folder baru sambil menyimpan item ke aplikasi File.

Cara membuka file ZIP di iPhone

Jika ingin melihat konten file zip di iPhone, harus mengekstraknya terlebih dahulu. Kita dapat melakukannya dengan menggunakan aplikasi File itu sendiri dan hanya dalam satu ketukan saja.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi File dan navigasikan ke lokasi penyimpanan file Zip. Sekarang tinggal tap file atau folder zip tersebut, nanti akan diekstrak di lokasi yang sama. Bisa juga dengan mengetuk dan menahan file .zip dan memilih Uncompress.

Demikianlah panduan cara kompres foto, video dan file lainnya ke zip di iPhone dan iPad tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Selanjutnya kalian bisa upload file ke Google Drive atau iCloud. Semoga artikel ini bermanfaat bagi. Bagikan pandangan di bagian komentar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.