Aplikasi

Cara Mengaktifkan WhatsApp Payments iOS dan Android

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp baru saja berhasil menguji layanan pembayaran berbasis UPI di India untuk memfasilitasi pembayaran digital dan telah dilakukan dengan Paytm dan Google Tez.

Fitur ini sekaligus mempromosikan program UPI (Unified Payments Interface) pemerintah India yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima uang melalui WhatsApp secara aman dan lancar. Sampai saat ini, WhatsApp belum secara resmi mengumumkan fitur pembayaran tetapi sekelompok pengguna WhatsApp Beta sudah mulai menemukan opsi Pembayaran.

Opsi dapat kita ditemukan di menu lampiran antara Dokumen dan Galeri. Meskipun menjalankan WhatsApp versi beta, kamu mungkin tidak dapat melihat fitur Pembayaran karena ini adalah peluncuran sisi server.

Untungnya, pengguna dapat mengaktifkan opsi WhatsApp Payments di iOS dan Android menggunakan tips sederhana yang disebutkan di bawah ini. Cara ini mirip dengan sistem undangan yang memungkinkan pengguna mengaktifkan fitur Panggilan Suara WhatsApp. Kami telah mencoba prosesnya dengan beberapa kontak dan berhasil dengan sangat baik.

Cara Mengaktifkan Fitur WhatsApp Payments iPhone & Android

WhatsApp Payments
Pastikan WhatsApp diperbarui ke versi stabil terbaru. Silahkan lihat pembaharuannya di Google Play atau App Store. Cara ini sudah kami coba di WhatsApp stable versi 2.18.46.

Setelah WhatsApp diperbarui, kamu memerlukan bantuan seseorang yang telah mengaktifkan fitur WhatsApp Payments di ponselnya. Pasalnya fitur ini hanya akan diaktifkan ketika pengguna WhatsApp tertentu yang telah mengaktifkan Pembayaran mencoba mengirimi pembayaran ke nomor WhatsApp kamu.

Setelah permintaan pembayaran dibuat, fitur tersebut akan diaktifkan secara otomatis untuk. Kemudian di WA kamu akan melihat opsi Pembayaran baru di menu lampiran dan di Pengaturan aplikasi.

Sekarang buka Pembayaran di bawah Pengaturan untuk mengatur pembayaran. Dalam prosesnya, perlu memverifikasi nomor telepon > pilih bank > pilih rekening bank untuk ditambahkan.

Di bawah Rekening bank, kamu dapat dengan mudah menambahkan rekening baru dan mengatur PIN UPI (jika tidak diatur sebelumnya) dengan memverifikasi kartu debit yang ditautkan ke rekening bank tersebut.

Halaman pengaturan WhatsApp Payments juga menampilkan riwayat pembayaran, memungkinkan mengatur akun utama dan menghapus rekening bank. Seperti yang kita ketahui bersama, pembayaran UPI diproses oleh ICICI Bank.

Mengirim Pembayaran

Pertama kali kami mencoba mengirim pembayaran kecil dan prosesnya berjalan lancar. Penerima langsung mendapatkan uang melalui pembayaran UPI. Perlu dicatat bahwa pengirim dan penerima harus menyiapkan pembayaran untuk mengirim dan menerima uang.

Saat ini dapat mentransfer jumlah maksimum Rs.5000 atau Rp.968,849. Apalagi sampai sekarang hanya bisa mengirim pembayaran tapi tidak bisa melakukan permintaan pembayaran di WhatsApp.

Cara Mengundang orang lain ke WhatsApp Payments

Mereka yang mengaktifkan fitur WhatsApp Payments harus mengikuti panduan kami sebelumnya tentang mengundang kontak ke WhatsApp Payments.

Dengan cara ini dapat mengaktifkan WhatsApp Payments untuk orang lain dengan mengirimkan undangan atau permintaan pembayaran kepada mereka. Kamu juga telah membuat video tutorialnya di Channel Youtube kami terkait cara mengundang orang lain dan mengirim pembayaran melalui WhatsApp.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.