iOS

Cara Memutar File MKV di iPhone atau iPad Tanpa Convert

Apakah kamu mengunduh film dari Internet atau Telegram tetapi tidak dapat menontonnya di iPhone? Itu karena film yang diunduh dari web biasanya dalam format Matroska Video file atau biasa dikenal dengan MKV.

Mirip dengan format AVI dan MP4, MKV adalah format wadah multimedia yang dapat berisi video, audio, gambar, dan subtitle dalam jumlah tak terbatas dalam satu file. Itu sebabnya MKV adalah pilihan favorit sebagian besar ripper film.

Bagaimana saya bisa memutar file MKV di iPhone?

Untuk saat ini, iOS dan iPadOS belum mendukung pemutaran file video MKV karena media player bawaan hanya dapat memutar format video MP4, MOV, dan M4V. Kamu mungkin telah mencobanya ketika mencoba memutar file MKV yang diunduh dari Telegram atau sumber lain.

Padahal secara hardware, iPhone cukup mampu menjalankan file MKV. Hanya saja kamu memerlukan aplikasi yang kompatibel untuk membuka file MKV di iPhone dan iPad.

Untungnya, VLC Media Player dan KMPlayer adalah dua aplikasi gratis yang dapat kita gunakan untuk menonton file MKV dengan mudah di iPhone atau iPad. Dengan demikian kita tidak butuh lagi untuk mengunduh file terlebih dahulu di PC dan kemudian convert file MKV ke MP4.

Kita dapat menggunakan KMPlayer untuk tugas ini karena membuat proses mengimpor file MKV ke pemutar medianya benar-benar mulus. Aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna iPhone karena tidak ada iklan.

Memutar Video MKV di iPhone Dengan KMPlayer

Memutar Video MKV di iPhone Dengan KMPlayer
Sebelum melanjutkan, pastikan kamu sudah download video MKV dan simpan di iPhone atau menggunakan AirDrop untuk mentransfer file MKV secara nirkabel ke iPhone kamu dari perangkat lain.

  1. Install aplikasi KMPlayer dari App Store.
  2. Buka KMPlayer dan itu akan meminta untuk mengakses foto dan perpustakaan media. Kamu dapat menekan ‘Jangan Izinkan’ jika tidak ingin aplikasi memindai perangkat kamu untuk semua video.
  3. Di KMPlayer, buka tab Beranda dan ketuk opsi Files di bagian atas.
  4. Ketuk tombol Import External Files, KMPlayer kemudian akan membuka aplikasi File.
  5. Di aplikasi File, telusuri ke direktori atau folder di On My iPhone tempat kamu menyimpan file MKV.
  6. Ketuk videonya untuk mengimpornya ke KMPlayer. Kemudian pilih Save in App.
  7. File yang diimpor kemudian akan muncul di layar externalTemp. Jika kamu tidak melihat file video MKV, cukup kembali dan ketuk opsi Files lagi.
  8. Untuk memutar video MKV, cukup ketuk video dan itu akan mulai diputar. Opsional, ketuk ikon 3 titik di samping video untuk melihat berbagai fungsi lainnya.
  9. Untuk menambahkan lebih banyak file MKV ke KMPlayer, buka Files – Import External Files dan ketuk tombol + di kanan atas.

Kamu juga dapat copy paste atau memindahkan video MKV langsung ke folder KMPlayer di File Manager. Namun, kamu memerlukan KMPlayer untuk menjalankan video .MKV di iPhone kamu.

Saat kamu mengimpor file video secara manual dari aplikasi File ke KMPlayer, aplikasi ini akan membuat salinan file tersebut ke dalam repositorinya sendiri. Kamu dapat mengaksesnya dengan membuka aplikasi File > Di iPhone Saya > KMPlayer > externalTemp .

Jika kamu menghapus media apa pun dari KMPlayer, file tersebut akan dihapus secara permanen dari direktori KMPlayer.

Menonton Video Format MKV Dengan VLC Media Player

Menonton Video Format MKV Dengan VLC Media Player
Selain itu, kamu juga dapat menggunakan VLC untuk iOS jika KMPlayer tidak mendukung file tertentu karena codec yang hilang atau tidak kompatibel. Misalnya, KMPlayer tidak dapat memutar file MKV dengan codec video HEVC dan codec audio EAC3 di iPhone. Solusinya putar video tersebut dengan menggunakan VLC Media Player.

  1. Instal VLC untuk Seluler di iPhone atau iPad.
  2. Buka aplikasi File dan navigasikan ke direktori tempat video atau film MKV kamu disimpan.
  3. Tekan lama file MKV, kamu ingin menjalankan dan ketuk opsi Bagikan dari daftar.
  4. Gulir daftar aplikasi di lembar Bagikan dan buka file video MKV dengan VLC.

Video sekarang akan mulai diputar di VLC tetapi kamu masih tidak akan melihatnya di perpustakaan media VLC. Oleh karena itu, saya sarankan menggunakan VLC hanya jika KMPlayer tidak dapat menyelesaikan pekerjaan.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel ini sebagian bersumber dari Webtrickz dan Grid.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.