Mac

Cara Mengembalikan Pesan iMessage yang Terhapus

Jika kamu tanpa sengaja menghapus iMessage, pastinya sulit untuk mengembalikannya kembali. Untuk pengguna Mac mungkin akan lebih mudah jika sudah melakukan backup sebelumnya secara manual, namun buka berarti bisa dengan mudah mengembalikan pesan yang telah terhapus.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kamu mungkin secara tanpa sengaja menghapus pesan penting dari perangkat iOS dan MacOS Anda seperti salah pencet, menghapus riwayat pesan secara otomatis atau melakukan pembaruan sistem.

Biasanya pengguna Apple dapat mengembalikan iMessage yang telah dihapus dengan 3 cara berbeda. Kesemuanya itu tanpa perlu aplikasi pihak ketiga. iCloud dan Time Machine adalah aplikasi yang bagus untuk mengatasi masalah pesan tanpa sengaja terhapus.

Umumnya pesan terhapus ketika kamu secara tidak sengaja menggesek halaman ke kiri dan tanpa membaca notifikasi langsung konfirmasi. Pesan yang terhapus juga sering terjadi dikala memperbarui iPhone ke iOS. Sayangnya, tidak ada solusi khusus untuk mengembalikan file iMessage — itu tergantung pada apa yang menyebabkan kegagalan.

Selain itu, tanpa disadari kamu mengubah pengaturan penghapusan otomatis di aplikasi iMessage, dengan menavigasi ke Pengaturan > Pesan > Riwayat Pesan. Jika kamu memilih 30 Hari, semua pesan baik itu dikirim atau diterima akan otomatis terhapus setelah 30 hari tanpa pemberitahuan.

Jika masalah tersebut kamu alami sebaiknya menggunakan aplikasi khusus untuk memulihkan iMessage yang telah dihapus.

Cara Mengembalikan Pesan iMessage dengan aplikasi Time Machine

Time Machine adalah aplikasi yang andal untuk membatalkan penghapusan pesan. Aplikasi ini akan otomatis mencadangan pesan ke PC kamu secara default, dan dapat mengembalikan file apa pun ke smartphone kamu.

Time Machine menyimpan salinan file dan database SQLite yang berisi pesan Anda. Untuk mengembalikan iMessage yang dihapus dengan aplikasi Time Machine, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Time Machine.
  2. Arahkan ke Perpustakaan dari Finder.
  3. Temukan file Pesan berekstensi .ichat dan .db.
  4. Pilih file yang ingin di restore dan klik Pulihkan.

Namun, tidak akan bekerja jika kamu tidak menyinkronkan aplikasi Pesan dengan perangkat lain. Untuk itu, sebaiknya kamu mencoba cara lain untuk mendapatkan kembali pesan Anda.

Cara Pulihkan iMessage yang dihapus tanpa cadangan

Jika banyak pesan yang terhapus, akan semakin kecil kesempatan kamu untuk mengembalikan lagi. Untuk itu, sebaiknya menggunakan solusi pihak ketiga yang kompatibel dengan Mac, iPad, atau iPhone.

Saya akan menjelaskan bagaimana pesan yang hilang dapat di recovery dengan menggunakan Disk Drill untuk Mac, tetapi prosesnya sama saja untuk sebagian besar tool recovery namun hasilnya akan berbeda satu sama lain.

  1. Sambungkan iPhone, iPad, atau iPod kamu ke komputer dengan kabel Lightning.
  2. Jalankan Disk Drill, pilih perangkat dan Pindai.
  3. Tinjau hasil pemindaian dan pilih pesan teks yang ingin di restore.
  4. Klik tombol Pulihkan dan tunggu hingga proses selesai.

Proses pengembalian data iPhone tergantung pada riwayat backup yang tersimpan di perangkat Apple Anda. Ketika pesan teks dihapus, mungkin belum terhapus permanen tetapi masih tersimpan di database SQLite. Dengan begitu masih dimungkinkan untuk kita ambil sebelum ditimpa dengan data lain. oleh sebab itu kamu harus secepatnya lakukan pemulihan setelah kamu mengetahuinya.

Kamu tidak perlu mengubah semua data di iOS dan Mac dengan backup untuk mengembalikan iMessage yang dihapus. Ini membuat prosesnya sangat mudah dan kamu akan mendapatkan kembali data dengan cukup cepat.

Mengembalikan iMessage yang dihapus dari iCloud

Secara default, iMessage akan selalu di backup di icloud, jadi

Cadangan iCloud untuk iMessage disertakan secara default, jadi memungkinkan kamu akan menemukan file yang sebelumnya dihapus. Cara ini akan bekerja jika kamu menyimpan salinan data perangkat Apple kamu di Mac, tetapi hasil pemulihan akan bervariasi tergantung pada waktu sejak kamu menghapus pesan.

Nah, memulihkan iMessage yang dihapus dari iCloud, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Hubungkan iPhone, iPad, atau iPod ke PC.
  2. Pilih perangkat di Finder; itu akan muncul sebagai lokasi baru di sidebar..
  3. Pilih Umum di bilah tombol.
  4. Temukan tombol Pulihkan Cadangan… dan tekan.
  5. Pilih jalur ke cadangan yang disimpan di Mac Anda, lalu klik Pulihkan.
  6. Masukkan kata sandi ke cadangan kamu jika dienkripsi.

Meskipun pemulihan melalui iCloud adalah cara paling mudah mengembalikan semua iMessage yang baru dihapus ke perangkat, namun ada kekurangannya yang mana kamu harus menulis ulang semua data di iPhone.

Cara ini memang butuh waktu lebih lama dibandingkan dengan Time Machine atau software pihak ke-3 untuk memulihkan iMessage yang terhapus. Kemungkinan untuk berhasil kurang memuaskan, karena tidak bisa melihat pratinjau data cadangan sebelum memulihkan.

Kesimpulan

Setelah kamu mengetahui bahwa pesan teks di perangkat Apple kamu hilang, sebaiknya harus bertindak cepat mungkin. Semakin lama pesan tersebut dihapus, semakin besar kemungkinan akan ditimpa dan dihapus secara permanen.

Ketiga cara di atas cukup ampuh untuk mengembalikan iMessage yang dihapus menggunakan Macbook. Jika tidak ingin menginstal software tambahan, gunakan aplikasi Time Machine dan pulihkan versi database sebelumnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.