Apps

Cara Mengembalikan Foto dari Google Photos

Kemudahan dan keandalan layanan cloud telah mendorong sebagian besar pengguna untuk upload foto dan video mereka ke cloud. Google Photos adalah salah satu layanan populer yang menawarkan cara yang cepat dan efisien untuk upload dan mencadangkan foto kenangan secara gratis.

Layanan Google Photos memungkinkan pengguna membuat cadangan foto dalam kualitas tinggi (dalam hal penyimpanan gratis tanpa batas), membagikannya, mengedit foto menjadi film dan kolase, membuat album foto, dan banyak lagi.

Foto-foto yang diunggah secara otomatis dari desktop atau smartphone dan dapat diakses di berbagai platform hanya dengan masuk ke akun Google.

Buat pengguna smartphone Android maupun iphone yang memiliki memory penyimpanan terbatas dapat menghapus beberapa foto dan video dari smartphonenya setelah melakukan backup di Google Foto.

Intinya, jika ingin mengembalikan foto atau gambar yang dihapus dari Foto Google maka itu mungkin. Itu karena saat menghapus foto dari akun, foto tersebut akan dipindahkan ke tempat sampah di mana mereka tetap berada selama 60 hari. Setelah melewati masa tersebut, file yang berada di tempat sampah akan terhapus secara permanen.

Dengan demikian, kamu dapat memulihkan foto yang terhapus dalam jangka waktu tersebut, baik di desktop maupun aplikasi seluler. Prosesnya benar-benar mudah dan tidak merepotkan.

Cara Mengembalikan Foto Yang Telah Terhapus di Google Foto

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Google Photo
Untuk memulihkan gambar yang terhapus dari Google Foto, cukup kunjungi https://photos.google.com/trash atau navigasikan ke situs web Foto Google, buka menu dan pilih opsi “Sampah”.

Di sini akan menemukan semua foto yang hapus dalam 60 hari terakhir. Pilih foto yang diinginkan dan klik ikon pulihkan. Foto akan segera dipulihkan dan dapat melihatnya di bagian Foto.

Restore foto yang dihapus secara permanen

Jika ingin memulihkan foto yang terhapus secara permanen setelah 60 hari, maka foto tersebut mungkin akan sangat sulit untuk dipulihkan. Situasi ini dapat muncul ketika telah menghapus foto dari penyimpanan komputer atau ponsel serta Google Foto, termasuk tempat sampah.

Dalam kasus seperti itu, kamu dapat mencoba menghubungi tim dukungan pelanggan Google Drive yang dilaporkan menggunakan program untuk memulihkan foto yang dihapus secara permanen.

Saat melalui forum Google Foto, saya perhatikan bahwa beberapa pengguna dapat memulihkan 95% foto mereka yang dihapus secara permanen dengan bantuan dukungan Google Drive. Dilaporkan bahwa tim dapat memulihkan foto hingga 21 hari setelah penghapusan permanen.

Namun, untuk mengajukan permintaan tersebut, harus memiliki alasan yang jelas atau seandainya foto penting hilang tanpa alasan atau kesalahan apa pun di pihak.

Untuk membuat permintaan pemulihan, kunjungi halaman Contact US, pilih Missing or deleted files dan pilih dukungan email atau obrolan. Secara opsional, kamu dapat menghubungi layanan Google Drive.

Namun, perhatikan bahwa tidak ada jaminan bahwa Google akan dapat memulihkan foto dan tidak dapat meminta pertanggungjawaban mereka atas kehilangan foto kecuali ada alasan teknis yang terlibat.

Sumber: Bantuan Google Drive

Leave a Reply

Your email address will not be published.