Facebook

Cara Memulihkan Akun Facebook Yang Dihack

Dengan lebih dari dua miliar pengguna, Facebook adalah target yang sangat populer untuk serangan peretasan, sebagian besar untuk mengambil data pribadi pengguna.

Kita dapat mengenali serangan peretasan di akun Facebook kamu dengan fakta bahwa, misalnya, posting muncul di profil yang tidak kamu buat sendiri, atau tidak bisa lagi masuk.

Solusi yang untuk mengatasinya dengan mengubah kata sandi Facebook, mengubah alamat email atau, jika perlu, beri tahu kontak tepercaya. Jika tidak ada yang membantu, laporkan akun kamu ke dukungan Facebook.

Tanda-tanda Akun Facebook Telah diretas

Ada beberapa indikasi bahwa akun Facebook telah diretas. Jika kamu melihat posting atau aktivitas di profil, seperti perubahan pada gambar profil FB, yang bukan milik kamu, ini adalah indikasi pertama. Mereka juga mengubah data pribadi seperti kata sandi, alamat email, atau nama pengguna tanpa kamu ketahui juga menunjukkan serangan peretasan.

Setelah akun Facebook kamu diretas dan kata sandi akan diubah dan kamu akan kehilangan akses. Ini karena dalam banyak kasus, penyerang mengubah data akses untuk mengambil alih akun secara permanen.

Dalam hal ini, sangat penting untuk mengubah kata sandi di mana saja, terutama jika kamu menggunakan kata sandi untuk login yang berbeda. Jika tidak, akun lain seperti akun Instagram juga bisa diretas.

Metode Peretasan Akun Facebook

Ada sejumlah serangan siber yang bisa dilakukan peretas untuk mengakses akun Facebook kamu. Pada saat yang sama, sebagian besar serangan mengarah pada hasil yang sama: Setelah akun Facebook kamu diretas, kamu tidak akan lagi memiliki akses ke akun itu sendiri. Metode peretasan yang paling populer adalah sebagai berikut:

Phishing

Metode phishing terutama ditandai dengan email di mana pengirim berpura-pura menjadi orang lain untuk mendapatkan kepercayaan korban dan, atas dasar ini, mendapatkan data sensitif, seperti detail login untuk Facebook. Kemungkinan lain adalah halaman login palsu dibuat yang terlihat sangat mirip dengan halaman login Facebook asli. Data login yang dimasukkan oleh pengguna kemudian dicegat oleh penyerang.

Keylogger

Keylogger adalah program yang merekam penekanan tombol pengguna dan menyimpannya ke file. File ini diteruskan langsung ke peretas dalam kasus perangkat lunak keylogging berbahaya, yang sering bersembunyi tanpa diketahui dalam lampiran email. Ini memberikan akses hacker ke semua entri yang dibuat, yang mungkin termasuk login.

Session hijacking

Tujuan pembajakan sesi adalah untuk mengakses cookie yang berisi data sensitif. Untuk tujuan ini, koneksi antara pengguna dan server dipantau secara permanen oleh penyerang. Varian yang sangat populer dari pembajakan sesi adalah penggunaan Firefox add-on Firesheep, yang terutama digunakan di jaringan WLAN publik yang dapat diakses secara bebas.

Serangan melalui ponsel

Ponsel juga bisa menjadi target serangan hacker. Selain pesan SMS phishing, yang mirip dengan email phishing yang disebutkan di atas, seluruh ponsel juga dapat diretas. Akibatnya, penyerang juga dapat mengakses data yang mereka butuhkan untuk masuk ke akun Facebook.

Jika kamu menduga bahwa seluruh ponsel telah menjadi korban serangan peretasan, kamu harus ekstra hati-hati – bukan hanya akun Facebook yang dapat disusupi dengan cara ini. Semua aplikasi yang telah kamu instal di smartphone dapat terpengaruh. Jika menggunakan aplikasi Twitter, misalnya, kamu harus segera mengetahui apakah Twitter juga diretas.

Serangan melalui stik USB

Jika penyerang memiliki akses fisik ke komputer kamu karena alasan tertentu, perlu diingat bahwa malware juga dapat ditemukan di stik USB. Ada perangkat lunak yang secara otomatis mengekstrak kata sandi yang telah disimpan di komputer atau di browser.

Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Dihack

Berikut ini cara mengatasi akun Facebook yang telah dihack orang lain.

  1. Periksa akun email kamu untuk melihat apakah Facebook telah memberi tahu tentang perubahan kata sandi yang tidak kamu lakukan
  2. Membalikkan perubahan kata sandi melalui tautan di email
  3. Ubah kata sandi di Facebook
  4. Periksa apakah akun email juga terkena peretasan, ubah alamat email di Facebook jika perlu.
  5. Jika kamu memiliki “kontak tepercaya”, mereka mungkin dapat mengubah alamat email yang kamu berikan.
  6. Jika langkah-langkah ini gagal: Hubungi dukungan Facebook.

Jika Masih Bisa Mengakses Facebook

Jika kamu masih dapat mengakses akun Facebook, alamat email dan kata sandi yang tersimpan belum diubah. Masuk dengan data kamu sesegera mungkin dan ubah kata sandi.

Salah satu opsi adalah menghapus akun Facebook. Atau, lihat alamat email yang terkait dengan akun Facebook kamu di bawah “Umum” -> “Kontak”.

Jika melihat alamat email yang tidak kamu kenal, segera hapus. kamu perlu melakukan hal yang sama untuk nomor telepon yang disimpan. Selain itu, pastikan alamat email tidak terpengaruh oleh serangan hack.

Jika Tidak Memungkinkan Lagi Membuka Facebook

Jika, setelah akun Facebook telah dihack dan kata sandi diubah, periksa kotak masuk email untuk melihat apakah Facebook telah mengirimi kamu pesan tentang kemungkinan perubahan kata sandi. Jika demikian, masih mungkin mengubah kata sandi kamu lagi melalui tautan yang ada di email ini.

Anda mungkin tidak lagi memiliki akses ke alamat email. Coba menggunakan opsi “Lupa kata sandi?” tombol di halaman login Facebook.

Asalkan kamu telah menyimpan “kontak tepercaya” saat membuat akun, Facebook menawarkan kemungkinan untuk mengirim kode keamanan kepada teman-teman ini. Dengan begitu, kamu dapat mengakses akun dan mengubah alamat email yang tersimpan di sana.

Jika semua metode yang tercantum di sini gagal, hubungi Facebook secara langsung. Facebook akan membantu kamu mendapatkan akses ke akun kamu yang disusupi dengan halaman khusus.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.