Cara Memindahkan Kontak dari iCloud Ke Gmail

7 Cara Memindahkan Kontak dari iCloud Ke Gmail yang Mudah

Jika dahulu sebelum adanya smartphone canggih kita dipaksa untuk mengetik atau menuliskan nomor telepon semua orang yang kamu kenal secara manual dan kemudian menyalin satu per satu kontak ke perangkat baru.

Untungnya, berkat layanan Google dan iCloud, mentransfer kontak dari satu perangkat ke perangkat lain menjadi lebih, bahkan di berbagai platform adalah urusan yang cukup simpel dengan sedikit usaha dan waktu.

Cara Transfer Kontak Dari iCloud / iPhone ke Google / Gmail

Jika kalian bertanya-tanya bagaimana cara menyalin kontak dari iCloud atau iPhone ke akun Google/Gmail, FourteenFloor.com akan memandu kalian melalui cara melakukannya di postingan ini.

Berikut ini langkah-langkah menyalin kontak dari iCloud ke akun Google atau Gmail.

1. Aktifkan Sinkronisasi Kontak di iPhone

Sebelum kita melanjutkan dengan menyalin kontak dari iCloud ke akun Google/Gmail, sangat penting bahwa semua kontak berada di satu tempat yang hanya dapat dikonfirmasi setelah mengaktifkan Sinkronisasi Kontak.

Ini adalah persyaratan penting saat menyalin kontak dari iPhone atau iCloud karena jika dinonaktifkan, iPhone mungkin tidak memiliki kontak yang sama dengan yang ada di akun iCloud.

Jadi untuk memastikan iCloud memiliki semua kontak dari iPhone dan memiliki kontak yang sama dengan yang ada di iCloud, harus mengaktifkan Sinkronisasi Kontak.

Sinkronisasi Kontak di iPhone

  1. Untuk mengaktifkan Sinkronisasi Kontak, buka aplikasi Pengaturan di iPhone, dan pilih nama/ID Apple kamu di bagian atas.
  2. Di dalam layar ID Apple, ketuk tombol iCloud.
  3. Di layar berikutnya, gulir ke bawah dan aktifkan sakelar Contacts untuk mengaktifkan Sinkronisasi Kontak dengan iCloud.

Semua kontak iCloud dan iPhone akan disinkronkan antara dua platform, yang berarti kontak iPhone yang baru saja ditambahkan akan di upload ke iCloud sementara yang disimpan di iCloud akan diunduh di iPhone. Ini untuk memastikan daftar kontak di iCloud dan iPhone sama persis.

2. Bagikan kontak dari iPhone ke akun Gmail

Jika ingin berbagi kontak dari iPhone atau iCloud ke seseorang atau diri kamu sendiri yang menggunakan Gmail, itu semudah berbagi apa pun di perangkat kamu. Ini dapat membantu jika berniat membagikan info kontak orang lain dengan teman atau keluarga atau ke akun Google atau perangkat Android.

Untuk memulai, buka aplikasi Kontak di iPhone kamu, navigasikan ke dan pilih kontak yang ingin dibagikan.

Share Kontak iPhone

Di dalam layar kontak orang tersebut, ketuk Share Contact . Saat lembar berbagi iOS muncul, ketuk aplikasi Mail atau aplikasi email lain yang kamu gunakan untuk mengirim email.

Ini akan memastikan kontak yang dipilih diunggah sebagai lampiran dalam email. Masukkan alamat email seseorang atau akun Gmail mereka sendiri dan ketuk tombol Kirim (ikonnya menghadap ke atas).

3. Sinkronkan kontak iPhone ke Gmail

Jika ingin memindahkan semua kontak kamu dari iPhone ke akun Gmail atau Google, cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan fungsi sinkronisasi di dalam akun Google.

Saat kamu menyelaraskan kontak iPhone ke Google, akun Google dan iCloud akan memiliki jumlah kontak dan info kontak yang sama setiap saat, meskipun kamu menambahkan kontak baru di iPhone.

4. Menyiapkan akun Google/Gmail di iPhone

Sebelum menyinkronkan kontak iPhone ke Gmail, harus menambahkan akun Google ke iPhone. Untuk caranya silahkan simak panduan dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone dan pilih Contacts setelah menggulir ke bawah layar.
  2. Kemudian pilih Account lalu ketuk pada Add Account.
  3. Selanjutnya, pilih Google dari daftar opsi yang ditampilkan di layar.
  4. Selanjutnya akan muncul dialog yang berbunyi “Pengaturan ingin menggunakan Google.com untuk masuk“. Dalam dialog ini, ketuk Continue.
  5. Halaman login sekarang akan tampil di layar. Masukkan alamat Gmail atau nomor telepon dan kata sandi akun kamu dan ikuti petunjuk di layar untuk berhasil masuk dan mengautentikasi akun Google di iPhone.
  6. Saat menambahkan akun Google ke iPhone, akun tersebut terlihat di Accounts .
  7. Sekarang siap untuk memindahkan kontak iPhone ke akun Google.

5. Aktifkan Sinkronisasi Kontak dengan Google

Setelah menambahkan akun Google ke telepon, kamu dapat memindahkan kontak iCloud ke Google dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone dan pilih Contacts .
  2. Selanjutnya pilih Account .
  3. Berikutnya pilih Gmail dari daftar akun yang kamu miliki di perangkat iOS.
  4. Setelah itu akan melihat semua opsi yang dapat kamu aktifkan sinkronisasi untuk berbagai fitur.
  5. Untuk memindahkan kontak iCloud ke Google, aktifkan sakelar di sebelah Contacts.

Sinkronisasi Kontak dengan Google

IPhone sekarang akan mencadangkan semua kontak dari iPhone ke akun Google yang terhubung. Bergantung pada kecepatan internet, mungkin perlu beberapa saat agar semua kontak diekspor ke Gmail.

Silahkan cek apakah kontak yang dipilih telah dipindahkan ke Google dengan mencarinya di dalam aplikasi Kontak di perangkat Android atau memeriksa Google Kontak di web.

6. Ekspor Kontak dari iCloud

Jika tidak ingin menyalin dan memindahkan kontak secara otomatis dari iCloud ke Gmail seperti yang kami jelaskan di bagian di atas, Kamu dapat mengekspor semuanya secara manual langsung melalui iCloud.

Kamu dapat mengekspor kontak iCloud langsung melalui iCloud.com atau menggunakan aplikasi Kontak di Mac lalu mengimpornya di Google.

Dari Mac

Jika kamu memiliki Mac, mengekspor kontak iCloud jauh lebih mudah. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Kontak dari Launchpad atau folder Aplikasi di Finder.

  1. Saat aplikasi Kontak terbuka, pilih iCloud All dari bilah sisi kiri dan pilih kontak yang ingin kamu ekspor dari panel berikutnya.
  2. Untuk memilih semua kontak, gunakan pintasan keyboard Command + A.
  3. Saat kontak dipilih, Control-klik atau klik kanan di mana saja di wilayah yang dipilih untuk opsi tambahan.
  4. Sekarang, pilih Export vCard dari menu yang muncul.
  5. Kamu juga dapat mengakses opsi ekspor dengan membuka bilah Menu > File > Ekspor > Ekspor vCard.
  6. Pada dialog yang muncul, masukkan nama untuk file Kontak dan pilih lokasi tempat ingin menyimpannya. Setelah melakukannya, klik Save.

Kontak yang dipilih akan disimpan dalam format VCF dan kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengimpornya di Google.

Dari iCloud.com

Untuk mengakses kontak di iCloud, buka iCloud.com di Safari atau browser web Firefox di komputer, masuk dengan ID Apple dan kata sandi.

Mungkin nanti akan diminta untuk mengautentikasi selama proses masuk yang dapat dilakukan dengan memasukkan kode di Mac atau perangkat Apple lainnya.

Ketika proses login berhasil, kamu akan melihat halaman utama iCloud dengan semua fitur terkait iCloud. Di sini, klik pada Contacts .

Pada layar berikutnya, seharusnya dapat melihat semua kontak yang telah kamu simpan ke akun iCloud. Di sini, kamu dapat memilih kontak yang ingin di ekspor dengan menekan dan menahan tombol Command tombol di Mac atau Ctrl pada Windows dan kemudian memilih kontak.

Untuk memilih semua kontak, bisa juga menggunakan pintasan keyboard Command (or Ctrl) + A. Atau, Kamu dapat mengklik ikon Cogwheel di sudut kiri bawah halaman Kontak dan menggunakan Select All untuk memilih semua kontak.

Ekspor Vcard dari iCloud

Setelah memilih kontak, klik ikon Cogwheel dan pilih Export vCard. Semua kontak akan disimpan dalam format file VCF yang diterima secara universal dan dapat diimpor ke platform apa pun.

7. Impor Kontak di Google Kontak

Setelah mengekspor kontak dari iCloud ke file VCF, dapat melanjutkan dan memindahkannya ke akun Google. Mengimpor kontak ke Google memerlukan penggunaan Google Kontak di web atau aplikasi Kontak di perangkat Android, jadi ikuti metode yang sesuai.

Melalui Android

Sebelum kita melanjutkan dengan metode ini, perlu untuk memastikan bahwa file VCF yang disimpan dari iCloud disalin ke perangkat Android. Karena file kontak umumnya berukuran kecil, cara mudah untuk menyalinnya adalah dengan mengunggahnya ke akun Google Drive atau layanan penyimpanan cloud lainnya dari iPhone atau Mac dan download langsung di Android.

Setelah download kontak iCloud di Android, Kamu dapat mengimpornya ke akun Google dengan membuka aplikasi Kontak.

  1. Di dalam aplikasi Kontak, ketuk menu Hamburger dari sudut kiri atas.
  2. Saat bilah sisi muncul, pilih Settings dari kiri.
  3. Dalam layar Pengaturan, gulir ke bawah dan pilih Import di bawah Manage contacts.
  4. Pada dialog yang muncul, pilih .vcf filedan ketuk OK.
  5. Selanjutnya, cari dan pilih file vCard yang diunduh dari iCloud.

Aplikasi Kontak sekarang akan mulai mengimpor kontak yang diekspor dari iCloud dan menambahkannya ke telepon.

Melalui web

  1. Menggunakan browser seluler di PC atau ponsel cerdas, buka contact.google.com dan masuk ke akun Google/Gmail kamu.
  2. Setelah login klik tab Import dari bilah sisi kiri.
  3. Sekarang akan muncul dialog yang meminta upload file vCard atau CSV untuk mengimpor kontak ke akun Google. Klik pada Choose file .
  4. Di layar berikutnya, cari dan pilih file yang disimpan sebelumnya dari iCloud, lalu klik Open.
  5. Saat file dengan kontak iCloud dipilih, klik tombol Import dalam dialog untuk menyelesaikan proses.
  6. Semua kontak iCloud sekarang akan dimuat ke akun Gmail.

Mungkin perlu beberapa saat agar kontak tersebut muncul di akun kamu, jadi tunggu beberapa menit sebelum mulai memeriksa apakah kontak yang disimpan di iCloud tidak tersedia di Google Kontak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.