Cara memeriksa kompatibilitas CPU Windows 11

Versi berikutnya dari sistem operasi Windows telah secara resmi diluncurkan oleh Microsoft, dijuluki Windows 11. Meskipun perusahaan telah berjanji untuk menawarkan Windows 11 sebagai upgrade gratis untuk perangkat yang menjalankan OS Windows 10, sistem operasi mungkin tidak tersedia untuk semua pengguna.

Sistem harus memenuhi persyaratan perangkat keras untuk meningkatkan ke sistem operasi Windows 11. Selain memerlukan chip Trusted Platform Module (TPM), perangkat juga harus memiliki salah satu prosesor yang didukung.

Windows 11 hanya akan didukung pada prosesor 64-bit (x64) dan hanya pada chip tertentu dari Intel, AMD, dan Qualcomm, sehingga banyak komputer lama tidak dapat diupgrade.

Jika berencana untuk beralih ke Windows 11, tetapi tidak yakin prosesor di PC kamu support atau tidak, ada beberapa cara cepat untuk menentukan apakah prosesor tersebut ada dalam daftar hardware yang didukung menggunakan aplikasi Pengaturan, Prompt Perintah, atau aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC yang baru.

Dalam panduan langkah demi langkah ini, kami akan menunjukkan cara mudah mengonfirmasi apakah prosesor di komputer mendukung untuk menjalankan Windows 11.

Cara memeriksa kompatibilitas CPU untuk Windows 11

Bagi kamu yang berniat mengikuti Cara memeriksa kompatibilitas CPU untuk Windows 11 maka dapat melihat panduannya di bawah ini.

Menggunakan Microsoft’s PC Health Check

Langkah 1: Download Microsoft’s PC Health Check lalu install. Pastikan kotak dicentang yang mengatakan Open PC Health Check, dan klik Finish.

Langkah 2: Halaman beranda aplikasi yang muncul mengatakan, “Sekilas kesehatan PC.” Di bagian atas, sebuah kotak bertuliskan, “Memperkenalkan Windows 11.” Klik Check now.

Jika mesin Anda tidak kompatibel, Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan, “This PC doesn’t currently meet Windows 11 system requirements” .

Jika PC kamu kompatibel, kamu dapat mengunduh pembaruan Windows 11 secara gratis.

Lewat Pengaturan

Langkah 1: Buka Pengaturan di PC dan klik opsi Sistem.

Langkah 2: Sekarang, klik opsi Tentang.

Langkah 3: Di bawah bagian Spesifikasi perangkat, periksa merek dan model prosesor.

Pastikan bahwa jenis Sistem membaca “sistem operasi 64-bit, prosesor berbasis x64.”

Jika memiliki prosesor Intel, periksa halaman dukungan Microsoft ini untuk menentukan apakah chip ada dalam daftar kompatibilitas untuk menjalankan Windows 11. Jika memiliki prosesor AMD, periksa halaman dukungan Microsoft ini untuk menentukan apakah chip ada dalam daftar kompatibilitas.

Seperti itulah informasi Cara memeriksa kompatibilitas CPU untuk Windows 11 dan kamu yang memiliki cara lain untuk melakukannya maka dapat menuliskannya komentarnya pada kolom di bawah ini.

Exit mobile version