Gmail

Cara Melihat Email yang Di Arsip di Gmail iPhone dan Android

Mengarsipkan email selalu merupakan ide yang bagus daripada sekadar menghapus email di Gmail atau di layanan lainnya. Ketika menyimpan email di Gmail, email itu disembunyikan dari Kotak Masuk dan dapat diakses kapan saja. Sedangkan opsi hapus akan membuang email tertentu selamanya dari akun Gmail.

Biasanya kita menyimpan email yang lama dan kurang penting. Karena itu, pengguna Gmail di Android atau iPhone sering tanpa sengaja menyimpan email melalui gerakan menggesek. Email semacam itu dapat berisi pesan penting yang tidak boleh lewatkan.

Untuk beberapa alasan, Gmail tidak lagi mengizinkan pengguna untuk melihat pesan yang diarsipkan secara langsung, baik di desktop maupun aplikasi seluler. Sebelumnya ada label “Arsip” khusus di Gmail yang sekarang sudah tidak ada lagi.

Akibatnya, pengguna Gmail tidak dapat menemukan daftar email yang telah mereka arsipkan dari waktu ke waktu, dan tidak dapat memulihkan atau menghapusnya.

Padahal, seseorang dapat mencari email yang diarsipkan atau mencari email tertentu secara manual dengan menjelajahi label “Semua Surat”. Memang ini cara yang membosankan dan tidak intuitif.

Cara Menampilkan Arsip Email di Gmail

Cara Menampilkan Email yang Diarsipkan di Gmail
Untungnya, ada solusi mudah untuk menampilkan arsip email di Gmail baik itu desktop, iPhone, dan Android. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka Gmail di seluler atau desktop.
  2. Masukkan kueri di bawah ini di kotak pencarian dan tekan enter.
    has:nouserlabels -in:Sent -in:Chat -in:Draft -in:Inbox
  3. Gmail sekarang akan mencantumkan semua email yang sebelumnya diarsipkan.

Anda tidak perlu menavigasi ke tab Kotak Masuk atau Semua Surat agar perintah di atas berfungsi. Selain itu, pencarian yang dilakukan tetap dalam pencarian terbaru jadi tidak perlu sering mengetiknya.

Di komputer, juga dapat mengunjungi mail.google.com/mail/u/0/#archive untuk melihat semua email yang diarsipkan di Gmail.

Cara membatalkan pengarsipan email di Gmail

Di Ponsel

  1. Buka email yang ingin batalkan pengarsipannya.
  2. Ketuk 3 titik dari kanan atas.
  3. Pilih “Pindahkan ke Kotak Masuk”.

Di Komputer

  1. Buka Gmail.
  2. Temukan semua email yang diarsipkan dengan memasukkan kueri penelusuran di atas.
  3. Buka email dan klik ikon “Pindahkan ke Kotak Masuk”.

Untuk membatalkan pengarsipan beberapa email sekaligus di desktop atau seluler, centang kotak di samping pesan dan pilih Pindahkan ke Kotak Masuk. Pesan yang dipilih kemudian akan dipulihkan dan dapat diakses langsung dari Kotak Masuk.

Tips menghindari pengarsipan email secara tidak sengaja

Cara Menghindari Arsip Email Tanpa Sengaja
Fitur tindakan gesek di aplikasi Gmail menawarkan cara cepat untuk melakukan tindakan tertentu dalam daftar email. Anda dapat mengonfigurasi tindakan gesek untuk Gmail di seluler untuk menghindari tindakan yang tidak disengaja seperti Arsip. Untuk melakukan hal yang sama,

  1. Buka aplikasi Gmail dan pastikan masuk ke akun.
  2. Ketuk menu (ikon hamburger) di kiri atas.
  3. Gulir ke bawah ke bawah dan buka Pengaturan.
  4. Ketuk Pengaturan umum > Tindakan gesek.
  5. Ubah tindakan untuk geser ke kanan dan kiri menjadi tidak ada atau apa pun selain Arsip.

Sekarang tidak akan ada kesempatan untuk menyimpan email di aplikasi Gmail secara tidak sengaja.

Demikianlah panduan cara melihat arsip email di Gmail. Jika Anda memiliki cara lain yang lebih simpel, silahkan bagikan informasinya di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.