Windows

Cara Menggunakan VideoProc Untuk Convert dan Edit Video 4K

Konsumsi konten video telah meningkat pesat di media sosial dan berbagai platform OTT (Over the Top) dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, sebagian besar pengguna sekarang merekam video dalam format 4K dengan menggunakan GoPro, Drone, iPhone, dan perangkat serupa lainnya.

Meskipun video 4K adalah pilihan utama sebagian besar pengguna karena kualitasnya yang tak tertandingi, tetapi itu tidak mudah untuk dikelola kecuali memiliki sumber daya dan perangkat keras yang mumpuni. Di situlah software pengedit video seperti VideoProc diperlukan.

Apa itu VideoProc

VideoProc adalah program penuh fitur untuk Windows dan Mac yang memungkinkan pengguna akhir untuk mengonversi dan mengompresi video mereka termasuk 4K ke format yang didukung oleh perangkat mereka.

Aplikasi ini menggabungkan fungsionalitas beberapa program berbeda ke dalam satu perangkat lunak dan karenanya menghilangkan kebutuhan untuk menginstal aplikasi individual. Aplikasi ini adalah pilihan yang bagus untuk pemula yang tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk aplikasi yang sangat profesional dan rumit.

Program ini menawarkan sejumlah fitur pro serta alat pengeditan lanjutan yang tidak akan temukan di program gratis seperti iMovie. Ini termasuk konverter video 4K bawaan, perekam layar, video downloader online, dan editor video yang andal. VideoProc juga dapat digunakan untuk membuat cadangan DVD lama ke komputer dalam format video paling populer.

Yang perlu diperhatikan adalah fakta bahwa VideoProc menggunakan akselerasi GPU penuh untuk pemrosesan video 4K. Teknologi khusus ini menghasilkan peningkatan waktu nyata hingga 47x dalam kecepatan pemrosesan video sambil menurunkan penggunaan CPU hingga 40% dan tanpa mengurangi kualitas gambar.

Selanjutnya, kami akan memandu melalui langkah-langkah untuk convert, mengedit, dan merekam video menggunakan VideoProc.

Cara Convert Video 4K dengan VideoProc

Cara Convert Video 4K dengan VideoProc
Untuk pemrosesan video 4K Ultra HD yang lebih cepat dan lancar, harus memastikan bahwa Akselerasi Perangkat Keras Level-3 diaktifkan di VideoProc. Untuk melakukannya, buka program, buka Pengaturan dan klik Opsi. Kemudian aktifkan akselerasi perangkat keras untuk semua codec yang terdaftar seperti H264 dan HEVC.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengonversi video.

  1. Jalankan program dan pilih Video.
  2. Klik +Video untuk mengimpor video.
  3. Untuk mengonversi video tanpa mengedit, klik tab Video di bagian bawah.
  4. Pilih format video output yang diinginkan seperti MP4, MKV, atau WebM. Atau dengan mengklik tombol Format Target dan memilih profil yang sesuai.
  5. Klik dua kali format video yang dipilih untuk menyesuaikan lebih lanjut parameter file keluaran. Dengan cara ini dapat mengubah codec video, bitrate, resolusi, rasio aspek, FPS, serta kualitas gambar. juga dapat menyimpan profil khusus dan menggunakannya nanti.
  6. Klik Browse untuk mengatur direktori keluaran baru.
  7. Tekan Jalankan untuk memulai konversi video.

Cara Simpan Video Offline dengan VideoProc

Cara Simpan Video Offline dengan VideoProc
Pengunduh bawaan memungkinkan pengguna untuk menyimpan video dalam kualitas tinggi dari lebih dari 1000 situs termasuk Facebook, YouTube, Dailymotion, Vimeo, dan Instagram.

Tidak seperti program serupa, video downloader online VideoPro mampu menyimpan video dalam resolusi 4K dan 8K. Untuk menyimpan video,

  1. Jalankan VideoProc di sistem dan klik Pengunduh.
  2. Klik Tambahkan Video.
  3. Salin URL video dari browser dan pilih Tempel & Analisis di aplikasi.
  4. Klik Show All untuk melihat semua resolusi yang tersedia.
  5. Pilih resolusi spesifik yang ingin unduh. akan menemukan format dan ukuran video yang tercantum di sebelahnya.
  6. Klik Selesai dan kemudian tekan tombol Unduh Sekarang.

Demikian pula, kamu dapat menambahkan beberapa video ke antrean unduhan untuk download semuanya sekaligus. Software ini mendukung pengunduhan bersamaan dan dapat melihat pratinjau video menggunakan pemutar media bawaan sebelum mengunduhnya.

Selain itu juga memiliki kemampuan untuk menyimpan seluruh daftar putar YouTube dan video yang dipilih dari daftar putar tertentu.

Cara Edit Video menggunakan VideoProc

Cara Edit Video menggunakan VideoProc
Ikuti tutorial singkat di bawah ini jika ingin mengedit video sebelum mengonversinya ke format pilihan.

Potong bagian yang tidak diinginkan

Buka Video > Tambahkan video dan pilih Potong dari bilah alat. Seret penggeser hijau untuk mengatur awal dan titik akhir. Klik tombol Cut di sebelah kanan untuk memotong sebagian dari footage. juga dapat menyesuaikan waktu mulai dan berakhir menggunakan opsi Edit. Klik Selesai. Pilih format output dan tekan Run.

Pangkas Video

Tambahkan video dan pilih opsi Pangkas. Centang tandai opsi Aktifkan Pangkas dan pilih preset yang telah ditentukan sebelumnya. Pilih preset Gratis untuk memotong area tertentu atau menyorot momen spesial dalam klip video. Seret garis putus-putus untuk memilih area dan melihat hasil yang dipotong di jendela pratinjau. Klik Selesai > Jalankan untuk mengekspor video yang dipotong.

Sesuaikan keseimbangan warna dan tambahkan efek

Jika video yang direkam memiliki warna yang pudar, cukup sesuaikan keseimbangan warna secara manual untuk membuatnya lebih hidup. Kamu dapat menerapkan salah satu efek yang telah ditentukan sebelumnya ke video. Silahkan tambahkan video dan pilih Efek. Kemudian pilih efek atau atur kecerahan, kontras, dan saturasi video secara manual. Pilih Selesai dan tekan tombol Jalankan.

Stabilkan video yang goyah

Video yang diambil selama perjalanan petualangan menggunakan GoPro biasanya tidak stabil dan memiliki banyak guncangan. Meskipun tidak dapat menghilangkan goyangan sepenuhnya, kamu dapat, bagaimanapun, memperbaikinya sampai batas tertentu dengan bantuan fitur Deshake. Untuk menstabilkan rekaman video yang goyah, tambahkan video dan pilih opsi Deshake dari Toolbox.

Klik dua kali pengaturan untuk menyesuaikan goyangan, akurasi, ukuran langkah, dan kontras minimum secara manual.

Pisahkan dan Gabungkan Video

Opsi split berguna ketika ingin membagi video besar menjadi bagian-bagian kecil. Untuk membagi video, klik tab Toolbox di bagian bawah dan klik dua kali tombol Split. Pilih waktu mulai dan berakhir jika diperlukan. Kemudian pilih jumlah segmen atau interval waktu di mana ingin membagi video. Aplikasi akan secara otomatis membagi video menjadi beberapa bagian dengan durasi yang sama. Pilih Selesai dan ekspor video.

Dengan Merge, kamu dapat menggabungkan beberapa klip video menjadi satu video. Yang menarik adalah dapat menggabungkan video dengan format dan resolusi berbeda menjadi satu video. Untuk menggabungkan, impor file video dari komputer. Kemudian pilih opsi Merge dari Toolbox dan tekan Run.

Fitur lain – Selain alat pengeditan di atas, aplikasi ini memungkinkan menambahkan tanda air, menambahkan subtitle, memutar dan membalik video, mengonversi video ke GIF, mengurangi kebisingan latar belakang (Denoise), menyesuaikan kecepatan pemutaran, dan sebagainya.

Cara Merekam Layar menggunakan VideoProc

VideoProc yang menampilkan fungsi perekaman layar bawaan adalah alternatif yang baik untuk program seperti Snagit. Itu berguna ketika ingin merekam screencasts, live streaming olahraga, menangkap gameplay, merekam tutorial atau panggilan video Skype. Ini menawarkan tiga mode untuk merekam layar desktop atau iOS, merekam dari kamera web, atau merekam kamera dan layar dalam mode gambar-dalam-gambar.

Untuk mulai merekam, buka Perekam dan pilih desktop, kamera, atau iPhone. Tekan tombol rekam untuk mulai merekam. Kamu dapat merekam dalam mode layar penuh atau menggunakan opsi krop untuk merekam area atau jendela khusus. Mikrofon perangkat dapat dinonaktifkan jika diperlukan atau dapat menggunakannya untuk menambahkan sulih suara.

Opini

VideoProc adalah pilihan pilihan kami untuk pengguna tingkat pemula yang mencari editor video sederhana namun efisien. Antarmukanya yang mudah digunakan dan intuitif menjadikannya alat bantu untuk pemula. Selain menampilkan akselerasi perangkat keras penuh untuk tugas decoding dan encoding, aplikasi ini menyertakan dukungan untuk ratusan codec. Ini berfungsi dengan baik sebagai editor video 4K dan merupakan alternatif yang layak untuk GoPro Studio.

Dengan harga $29,95 untuk lisensi satu tahun, VideoProc tidak diragukan lagi menawarkan banyak hal untuk harganya. Ada juga lisensi seumur hidup dengan upgrade seumur hidup gratis dengan biaya $42,95. Untuk mencobanya, kamu dapat menginstal versi uji coba gratis yang memungkinkan pengguna mengonversi video berdurasi 5 menit tanpa tanda air.

Menariknya, VideoProc saat ini ditawarkan secara gratis sebagai bagian dari pemberian perangkat lunak. Kamu dapat download program dan mengambil kode lisensi gratis VideoProc dari halaman ini untuk mengedit video iPhone.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.