Windows

Cara Convert DVD ke ISO di Windows 10 Cepat dan Mudah

Saat ini dunia sedang menuju ke masa depan digital sehingga kita tidak menghindari dari transformasi digital. Begitu juga dengan Digital Video Disc atau biasa disingkat DVD yang sudah bisa dibilang ketinggalan jaman dan lambat laun akan tergantikan dengan konten digital.

Jika dulu hampir setiap rumah memikiki DVD Player namun saat ini sudah jarang kita temukan dan bahkan perangkat seperti laptop terbaru sudah tidak lagi menyertakan DVD drive. Meskipun begitu masih banyak orang menyimpan DVD berupa film atau acara TV favorit hanya sebagai koleksi saha.

Agar koleksi film DVD tersebut dapat bertahan lama, cara terbaik adalah dengan mengkonvert koleksi DVD ke file ISO atau digital seperti MP4 atau MKV. Dengan begitu, tidak perlu khawatir DVD akan rusak dan tidak dapat diputar lagi.

Sebenarnya kita tidak dapat membuat cadangan DVD hanya dengan menyalin isinya ke hard drive. Pasalnya DVD yang dibeli di toko biasanya memiliki perlindungan salinan DRM dan adanya pembatasan kode wilayah.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita memerlukan software khusus untuk menyalin DVD ke format yang dapat dimainkan seperti MP4, MKV atau format lainnya. Banyak sebenarnya software yang mampu konversi DVD, salah satunya adalah Winx DVD Ripper.

Apa itu WinX DVD Ripper?

WinX DVD Ripper adalah software Windows yang menawarkan cara cepat dan efektif untuk convert DVD agar dapat diputar di berbagai perangkat termasuk komputer, smartphone, tablet, TV, dan aplikasi media player seperti Plex dan Kodi.

Fitur-fitur

Ada beberapa alasan mengapa WinX DVD Ripper menjadi pilihan para pengguna untuk membuat cadangan DVD. Silahkan lihat fitur-fiturnya berikut ini.

Dukungan Disk Serbaguna

Perangkat lunak ini mendukung hampir semua jenis DVD dari baru dirilis, lama, rusak, dan region. Software ini bahkan mampu menyalin DVD 99 judul Disney yang filenya berukuran hingga 40GB.

1:1 DVD Salin ke ISO atau MPEG2

Fitur DVD Backup memungkinkan kamu mengkloning DVD ke ISO untuk mencadangkan seluruh konten DVD. Nantinya kamu bisa burning file ISO ke disk baru untuk membuat salinan atau memasangnya sebagai drive virtual.

Gambar ISO yang dibuat adalah salinan digital tidak terkompresi dengan semua elemen utuh seperti trek video dan audio, menu, bab, dan subtitle.

Selain itu, memungkinkan menggabungkan judul dan membuat salinan judul utama sebagai file video MPG tanpa penurunan kualitas dan saluran audio 5.1 AC3/DTS Dolby.

Fast Conversion

Selain encoder dan decoder perangkat keras standar, WinX DVD Ripper menggunakan teknologi akselerasi perangkat keras Level-3 yang unik.

Teknologi pemrosesan hardware mampu mencegah efek apa pun pada kualitas gambar dan secara signifikan mempercepat waktu pemrosesan. Pengembang mengklaim, pengguna dapat konvert seluruh DVD hanya dalam 5 menit dengan teknologi Level-3.

Mendukung Banyak Format Video

WinX DVD mendukung banyak format video yang umumnya sering digunakan oleh para ripper. Ini termasuk format populer seperti MP4, H.264, HEVC, MPEG, WMV, MKV, MOV, AVI, dan FLV.

Selain itu, memungkinkan memilih dari lebih dari 350+ profil yang dimuat sebelumnya untuk convert DVD ke format yang diinginkan yang dapat diputar di iPhone, iPad, Android, tablet, PC, TV HD, konsol game, dan lainnya.

Editing Tools

Program ini mengemas sejumlah alat untuk melakukan pengeditan atau penyesuaian pada video sebelum melakukan ripping. Misalnya, kamu dapat memotong bagian tertentu dari DVD atau bahkan memotong layar untuk menghilangkan batas hitam.

Selain itu memungkinkan menonaktifkan subtitle atau menambahkan subtitle eksternal. Selain itu, pengguna memiliki kemampuan untuk menyesuaikan parameter seperti codec video dan audio, frame rate, resolusi, rasio aspek, dan kecepatan bit.

Convert DVD ke ISO di Windows 10 Menggunakan WinX DVD Ripper

Cara Convert DVD ke ISO dengan WinX DVD Ripper
Setelah membahas semua fitur utama, sekarang bagaimana cara convert DVD ke ISO di Windows 10 menggunakan WinX DVD Ripper Platinum.

  1. Install aplikasi WinX DVD Ripper di PC atau Macbook.
  2. Lalu masukkan disk DVD. Kamu dapat menggunakan drive DVD eksternal jika komputer atau laptop kamu tidak memilikinya.
  3. Buka WinX DVD Ripper dan klik tombol DVD Disc di kiri atas.
  4. Pilih Source DVD disc dan tekan Ok.
  5. Di jendela Output Profile, klik DVD Backup dan pilih Clone DVD to ISO Image. Kemudian tekan Done.
  6. Pastikan pengaturan Hardware Encoder diaktifkan. Opsional, aktifkan juga opsi Use High Quality Engine dan Deinterlacing jika diperlukan.
  7. Pilih folder tujuan tempat kamu ingin menyimpan file dan klik tombol Run.
  8. Konversi akan dimulai dan kamu dapat melihat waktu yang tersisa.
  9. Setelah proses selesai, temukan file ISO yang dibuat di direktori yang dipilih.

Selain bisa clone ke ISO, kamu juga dapat mengubahnya dengan format media lain seperti MKV agar ukurannya lebih kecil. Selain itu bisa menemukan berbagai macam pintasan untuk fitur lain di panel tersebut, seperti untuk mengaktifkan editing, mengatur cahaya atau suara, serta mempercepat proses ripper.

Demikianlah cara convert DVD ke ISO di Windows 10 menggunakan Winx DVD Ripper semoga tutorial ini berguna buat kalian yang ingin menyimpan koleksi film maupun TV series.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.