Windows

Cara Blokir Pembaruan Windows 11 Dengan Editor Kebijakan Grup

Microsoft telah resmi meluncurkan Windows 11 versi stabil dan ini akan tersedia untuk semua perangkat yang kompatibel dan pengguna Windows 10 yang ada akan mendapatkannya secara gratis.

Namun, raksasa teknologi berbasis Redmond ini akan menawarkan dukungan untuk sistem operasi Windows 10 hingga 2025. Jadi, jika tidak ingin menginstal versi terbaru dan terus menggunakan OS saat ini, kamu dapat melakukannya.

Dalam panduan langkah demi langkah ini, kami akan menunjukkan mengenai prosedur untuk memblokir pembaruan Windows 11 terbaru di komputer. Ada beberapa metode untuk ini, selain lewat pengaturan kamu juga dapat menggunakan Editor Kebijakan Grup atau Group Policy Editor.

Cara Memblokir Pembaruan Windows 11

Bagi pengguna yang ingin mencoba cara menghentikan pembaruan Windows 11 menggunakan Pengaturan dan Editor Kebijakan Grup maka dapat melihat informasinya di bawah ini.

Lewat Pengaturan

Pause windows 11 update

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan lalu klik opsi Windows Update.
  2. Setelah masuk halaman Pembaruan Windows.
  3. Di situ kamu akan melihat opsi Pause Update.
  4. Klik tombol bertuliskan Pause for 1 week atau Jeda selama 1 minggu.
  5. Setelah selesai, tidak akan muncul lagi pemeriksaan pembaruan apa pun selama seminggu.

Setelah seminggu berlalu, kamu dapat melanjutkan dan menjeda pembaruan selama seminggu lagi jika Anda mengingatnya. Namun jika kamu berniat, untuk melanjutkan memperbaharuinya, cukup klik tombol Resume Now.

Menggunakan Group Policy Editor

Nonaktif Update Windows 11 via Group Policy Editor
Jika merasa repot dengan cara diatas, kamu dapat menonaktifkan pembaharuan Windows 11 dengan menggunakan Group Policy Editor. Perhatikan bahwa Group Policy Editor hanya tersedia di Windows 10 edisi Professional, Education, dan Enterprise.

  1. Buka Start Menu di komputer dan ketik gpedit.msc dan klik pada Group Policy Editor.
  2. Berikutnya buka Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update > Manage End User Experience.
  3. Lalu klik dua kali pada Configure Automatic Update.
  4. Sekarang, ubah menjadi Disabled lalu klik Apply kemudian OK.
  5. Selanjutnya lakukan Restart PC kamu untuk mengaktifkan perubahan ini. Setelah restart, layanan Pembaruan Windows sekarang akan dihentikan.

Penutup

Sekarang, pembaruan untuk Windows 11 tidak akan muncul lagi di komputer kamu. Perhatikan bahwa mungkin perlu beralih ke 21H2 setelah ditambahkan ke halaman informasi jarak jauh di situs web Microsoft Docs. Namun, masih ada beberapa bulan sebelum diluncurkan.

Sekian dulu tutorial Cara memblokir pembaruan Windows 11 menggunakan Editor Kebijakan Grup dan kamu yang memiliki cara lain untuk melakukannya maka dapat menyampaikan pada kolom di bawah ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.