cara beralih kembali editor klasik lama wordpress 61b85250b9757

Cara Beralih Kembali ke Editor Klasik Lama di WordPress

Mereka yang baru saja meningkatkan ke WordPress 5.1.1 mungkin sudah mencoba editor baru. Editor blok baru yang diperkenalkan dengan WordPress 5.0 menggantikan editor klasik lama yang bagus. Editor blok baru (juga dikenal sebagai editor Gutenberg) adalah editor berbasis blok dengan antarmuka yang benar-benar baru dan modern. Saya pribadi menemukan blok alias kompleks editor Gutenberg untuk digunakan dan kapan saja akan lebih memilih editor klasik daripadanya. Untungnya, dimungkinkan untuk kembali ke editor lama di WordPress tanpa banyak kesulitan. Pada artikel ini, kami akan memandu tentang cara menonaktifkan editor blok dan kembali ke editor klasik sebelumnya.

Cara beralih dari editor blok ke editor klasik di WordPress

Kemampuan untuk mengembalikan secara resmi disediakan oleh WordPress sehingga penerbit yang tertarik dapat beralih ke editor klasik yang sudah dikenal. Namun, perlu menginstal plugin untuk membuatnya berfungsi karena editor blok sekarang menjadi editor default. Silahkan kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masuk ke situs WordPress sebagai administrator.
  2. Buka Plugins > Add New dan cari plugin “Classic Editor”. Plugin ini dikembangkan dan dikelola oleh kontributor inti WordPress.
  3. Cukup instal plugin dan aktifkan.
  4. Itu dia! Setelah aktivasi, editor blok baru akan dinonaktifkan secara otomatis.

Sekarang mengklik “Tambah Baru” di bawah bagian Postingan akan membuka editor klasik. Selain itu, akan dapat mengedit posting lama menggunakan editor klasik serta editor blok. Cukup pilih salah satu dari dua opsi saat mengedit posting melalui halaman Posting > Semua Postingan.

Beralih antara Editor Klasik dan Editor Blok di WordPress

Plugin Editor Klasik juga menyediakan opsi untuk beralih dengan mudah antara editor klasik lama dan editor blok baru. Untuk beralih di antara dua editor, buka Pengaturan> Menulis dan pilih pilihan yang inginkan di bawah opsi “Editor default untuk semua pengguna”. Kemudian klik tombol Simpan Perubahan di bagian bawah. Selain itu, ada opsi untuk mengizinkan pengguna beralih editor di halaman yang sama.

Pada saat yang sama, jika ingin membuat posting baru menggunakan editor blok sambil mengaktifkan editor klasik atau sebaliknya, itu juga mungkin. Untuk melakukannya, tambahkan posting baru dari bagian Postingan dan klik opsi “Beralih ke Blokir Editor” yang ditampilkan di bilah sisi kanan di bawah judul “Editor default untuk pengguna saat ini”. Demikian pula, kamu dapat beralih ke editor klasik saat menyusun posting di editor blok. Untuk melakukannya, klik tombol alat dan opsi lainnya (3 titik) di kanan atas dan pilih “Beralih ke editor Klasik” di bawah Plugin.

Menurut tim WordPress, dukungan untuk plugin Editor Klasik akan berlanjut hingga tahun 2021. Sementara itu, sebaiknya luangkan waktu dan biasakan diri dengan editor Gutenberg.

Leave a Reply

Your email address will not be published.