Windows

2 Cara Menggunakan Tombol Fungsi Tanpa Menekan Fn Windows 10

Tidak seperti PC desktop Windows 10, setiap keyboard laptop Windows memiliki tombol khusus yang kita kenal sebagai Tombol Fungsi atau tombol F1, F2, …F12 di baris atas yang mengarah ke pintasan berbeda ke fitur atau fungsi tertentu. Tetapi bagaimana jika tidak sering menggunakan fitur atau fungsi tersebut dan hanya ingin menggunakannya sebagai tombol fungsi biasa? Ingin menggunakan tombol fungsi tanpa menekan tombol Fn?

Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan tombol fungsi, kamu dapat mengubah kecerahan, mengontrol volume, mengontrol musik menggunakan tombol pemutaran media khusus, mengaktifkan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth, dan sebagainya. Tombol-tombol ini baik-baik saja dan kadang-kadang berguna, namun, tombol fungsi pada PC Windows 10 dilengkapi dengan tombol Fn khusus yang untuk sementara memberi akses ke tombol Fn standar seperti tombol F1, F2, …F12 dan menonaktifkan fitur-fitur ini

Bagaimana jika tidak ingin menekan tombol ganda (tombol F1, F2… bersama dengan tombol Fn) untuk bekerja dengan tombol F1, F2, …F12 yang sebenarnya? dapat menonaktifkan fitur khusus yang ditawarkan laptop melalui tombol fungsi dan cukup mendapatkan akses ke tombol F1, F2, …F12 biasa di Windows. Namun, mengubah tombol fungsi pada Windows 10 tidak semudah yang kamu lihat di Mac. Mac hadir dengan opsi mudah untuk menggunakan tombol fungsi tanpa menekan tombol fn.

Cara Menggunakan Tombol Fungsi Tanpa Menekan Tombol Fn [Windows 10]

Jika pengguna yang ingin mencoba 2 Cara Menggunakan Tombol Fungsi Tanpa Menekan Fn Windows 10 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Ada 2 cara yang bisa terapkan untuk menggunakan tombol fungsi tanpa menekan tombol Fn di laptop Windows.

1) Manfaatkan Shotcut Keyboard

Metode ini untuk mereka yang memiliki laptop Windows dengan tombol kunci Fn di keyboard. Cara tercepat untuk menonaktifkan tombol Fn dan menggunakan tombol fungsi standar alih-alih fitur khusus, tidak perlu masuk ke pengaturan BIOS untuk mengubahnya.

Meskipun pintasan ini cukup praktis, tidak semua laptop dilengkapi dengan tombol kunci Fn, perhatikan ikon kunci Fn atau simbol kunci/buka kunci pada tombol F1, F2… atau tombol Esc.

Setelah menemukannya, tekan tombol Fn Key + Function Lock secara bersamaan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tombol F1, F2, …F12 standar. Voila! sekarang dapat menggunakan tombol fungsi tanpa menekan tombol Fn.

2) Manfaatkan Pengaturan BIOS atau UEFI

Pabrikan laptop menawarkan perangkat lunak untuk menonaktifkan fitur tombol fungsi atau melakukannya melalui pengaturan BIOS atau UEFI. Laptop perlu boot ke mode BIOS atau pengaturan UEFI yang dapat diakses sebelum memulai Windows.

Setiap kali me-restart laptop atau memulai dengan menekan tombol power, layar cepat dengan logo di awal muncul dan di sinilah dapat mengakses tombol fungsi dan pengaturan sistem lainnya.

Cari pintasan seperti Tekan F2 atau F10 untuk pengaturan BIOS. Pintasan tidak sama di seluruh pabrikan, kamu dapat menekan pintasan yang diberikan ke laptop Windows.

Dalam beberapa kasus, pintasan dapat berupa F1, F9, atau F12 juga, tetapi sebelum menekan tombol-tombol ini, pastikan melihat layar awal laptop dengan cermat untuk pintasan yang disebutkan di bawah ini. Kamu dapat mencoba F2 jika layar tidak muncul di awal.

Setelah memasuki pengaturan BIOS atau UEFI, cari opsi tombol fungsi dalam konfigurasi sistem atau pengaturan lanjutan, setelah menemukannya, aktifkan atau nonaktifkan tombol fungsi sesuai keinginan.

Catatan: Setiap produsen laptop menawarkan UEFI-nya sendiri tergantung pada model laptop tertentu. Tidak setiap laptop sama, mungkin perlu mencari sedikit dan menemukan opsi tombol fungsi di suatu tempat di pengaturan BIOS atau UEFI. Jangan ubah hal lain apa pun di sini jika tidak, pengaturan laptop bisa kacau dan mungkin tidak berjalan normal. Perbarui perangkat lunak BIOS laptop untuk fitur UEFI terbaru.

Akses UEFI Dari Pengaturan Windows

Bagi yang tidak bisa masuk ke BIOS atau UEFI laptop Anda, bisa melakukannya dari pengaturan Windows.

  1. Luncurkan Pengaturan Windows, klik Pada Menu Mulai, dan ketik Pengaturan.
  2. Klik Perbarui & Keamanan dari daftar dan buka Pemulihan di sisi kiri.
  3. Klik tombol Mulai ulang sekarang . Laptop sekarang akan restart dan membawa ke pengaturan UEFI.
  4. Klik opsi Troubleshoot setelah Windows boot dalam mode pemulihan.
  5. Pilih Opsi Lanjutan di bawah Pemecahan Masalah.
  6. Di bawah Opsi Lanjutan, pilih Pengaturan firmware UEFI dan klik Mulai Ulang .

Laptop sekarang akan restart dan membawa langsung ke UEFI, sekarang cari opsi tombol fungsi dan nonaktifkan atau aktifkan sesuai keinginan. Di sana memiliki, dua metode untuk menonaktifkan tombol Fn atau menggunakan tombol fungsi tanpa menekan tombol Fn.

Ingin lebih? Lihat panduan, tutorial, tip, dan trik Windows 10 serta untuk Mac. Untuk mendapatkan pembaruan tentang smartphone dan teknologi terbaru, ikuti kami di profil media sosial kami.

Demikianlah tutorial 2 Cara Menggunakan Tombol Fungsi Tanpa Menekan Fn Windows 10 dan kamu yang memiliki metode lain untuk melakukannya maka dapat memberikan informasinya pada kolom di bawah ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.